PENERAPAN MODEL COOPERATIVE STAD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 CIWARINGIN

MUHAMAD MARKINA, (2012) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE STAD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 CIWARINGIN. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360005_MUHAMMAD MARIKIN (58461180)__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MUHAMAD MARKINA: PENERAPAN MODEL COOPERATIVE STAD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI I CIWARINGIN Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan model pembelajaran di SMA Negeri 1 Ciwaringin. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, peneliti beranggapan bahwa dengan penerapan model kooperatif STAD diharapkan siswa menjadi lebih aktif dan efektif dalam menerima ilmu yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji penerapan model kooperatif STAD serta untuk mengkaji peningkatan penguasaan konsep siswa dengan menggunakan penerapan model kooperatif STAD pada pokok bahasan pencemaran lingkungan SMA Negeri 1 Ciwaringin. Penerapan STAD dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar sehingga siswa menguasai konsep. Pembelajaran dengan STAD menuntut siswa dapat bekerjasama untuk penguasaan konsep. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pretest - posttest control gruop design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N I Ciwaringin dengan sampel 2 kelas yang diambil secara purposive sampling yaitu kelas X-A (kontrol) berjumlah 40 siswa dan kelas X-B (eksperimen) berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen Tes dan Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan model kooperatif STAD pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa, hal ini ditunjukkan dengan antusiasnya siswa pada pembelajaran kooperatif STAD sehingga pembelajaran menjadi meningkat. Dengan demikian Ha: terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif STAD. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe STAD dapat dikategorikan cukup baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan baik ditunjukan dari perbedaan peningkatan n-gain antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Respon siswa dalam penerapan STAD ini, siswa memberikan respon cukup baik terhadap penerapan pembelajaran biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan. Kata kunci: Model STAD, peningkatan penguasaan konsep, pencemaran lingkungan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:19
Last Modified: 06 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item