KORELASI CAPAIAN HASIL TES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA POKOK BAHASAN JAMUR DI KELAS X SMA NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

FEFI ZAINUL MURSHOPI, (2012) KORELASI CAPAIAN HASIL TES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA POKOK BAHASAN JAMUR DI KELAS X SMA NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360008_FEFI ZAINUL MURSHOPI__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

FEFI ZAINUL MURSHOPI (07460855): Korelasi Capaian Hasil Tes Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa Pokok Bahasan Jamur di Klas X SMA Negeri 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Pendekatan proses merupakan pendekatan belajar mengajar yang mengarah kepada pengembangan kemampuan mental, fisik dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan yang lebih tinggi dalam diri individu siswa. Pembelajaran biologi yang efektif harus memperhatikan dua hal, yaitu hakekat bagaimana siswa belajar dan hakekat materi yang diajarkan. Hakekat biologi yang meliputi sains sebagai konten, proses, sikap, nilai, dan salingtemas harus tercakup dalam proses pembelajaran. Kenyataan yang ada di lapangan, pembelajaran Biologi banyak menekankan kepada konten yang berupa konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan hukumhukum di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil tes tulis siswa kelas X dalam memahami materi jamur di SMA Negeri 1 Rajagaluh, mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran melalui praktikum dan mengetahui ada tidaknya korelasi antara capaian hasil tes tulis siswa dengan keterampilan praktikum siswa. Pendekatan keterampilan proses sains siswa salah satunya adalah menanamkan pengetahuan dan konsep-konsep sains yang bermanfaat dalam kehidupan. Sedangkan proses belajar dan pembelajaran bertujuan membentuk manusia yang utuh artinya cerdas, terampil dan memiliki sikap dan nilai yang diharapkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metodenya experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 295 SMA Negeri 1 Rajagaluh dengan sampel kelas X-1 yang berjumlah 32 siswa (kelas eksperimen). Untuk teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan keterampilan praktikum siswa yang semuanya berklasifikasi sedang. Peningkatan hasil tes tulis siswa melalui pendekatan keterampilan proses sains pada pokok bahasan jamur sangat baik, dapat dilihat dari hasil tes pre test dan post test hasil (sig. 2-tailed) adalah 0,000. Dengan rata-rata pre test 46,14 dan post test 70,19. Hubungan nilai hasil tes dengan pendekatan keterampilan proses sains diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 hal ini meunjukan data tersebut signifikan atau terdapat hubungan yang signifikan nilai antara hasil tes dengan pendekatan keterampilan proses sains siswa. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses Sains Siswa, Pengamatan, Hasil

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:38
Last Modified: 06 Jun 2017 04:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/269

Actions (login required)

View Item View Item