PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP SINDANGJAWA KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

UMRINA, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKANMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP SINDANGJAWA KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360010_UMRINA__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UMRINA. 50570103. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Konsep Ekosistem di SMP Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di lapangan, khususnya di SMP Sindangjawa Dukupuntang, guru mata pelajaran Biologi telah berusaha mengaktifkan siswa dengan menerapkan model pembelajaran klasikal yaitu ceramah atau resitasi. Namun tidak semua siswa aktif. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk mengoptimalkan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Adapun tahapan dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah : 1. Penomoran 2. Pengajuan pertanyan 3. Berpikir bersama 4. Pemberian jawaban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subyek pada penelitian ini terdiri dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe NHT dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe NHT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman yang signifikan pada siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata N-Gain, Pada kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan model pembelajaran NHT memiliki rata-rata N-Gain sebesar 52,00% Artinya kemampuan siswa menjawab tes tertulis mengalami peningkatan sedang setelah dilakukan pembelajaran NHT. Sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran NHT memiliki rata-rata N-Gain sebesar 19,00% Artinya kemampuan siswa menjawab tes tertulis mengalami peningkatan rendah setelah dilakukan pembelajaran ceramah. Uji statistik menggunakan Uji independent samples t-tes menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan secara keseluruhan dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT. Dengan demikian hasil belajar di antara penggunaan model pembelajaran NHT dengan tidak menggunakan model pembelajaran NHT berbeda secara signifikan. Respon siswa merespon sangat setuju (32%), siswa merespon setuju (60%) dan siswa merespon tidak setuju (8%). Rekomendasi dalam penelitian ini adalah agar model pembelajaran NHT dapat di laksanakan oleh guru sebagai salah satu variasi model mengajar agar pembelajaran Biologi tidak monoton sehingga menciptakan suasana baru dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:49
Last Modified: 07 Jun 2017 03:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item