PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas )

M. HAEDLANI, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBKONSEP EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON (Penelitian Tindakan Kelas ). Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360011_M. HAEDLANI__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

M. HAEDLANI : Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subkonsep Ekosistem Di Kelas VII MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon (Penelitian Tindakan Kelas ) Pembelajaran merupakan bentuk mikro dari pendidikan, dalam pembelajaran terdapat faktor-faktor baik yang mendukung maupun yang menghambat keberhasilan proses pembelajaran. Karena pada prinsipnya pembelajaran merupakan bentuk interaksi antara guru dan siswa, yang mana guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik. Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu sebagai fasilitator yang dituntut mampu menciptakan lingkungan belajar yang interaktif, karena mengajar merupakan usaha menggali dan mengembangkan potensi yang terdapat dalam diri siswa sehingga terjadi perubahan yang lebih baik. Karena hal tersebut peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran inquiri discovery untuk meningkatkan pemahaman pelajaran biologi, khususnya pada pokok bahasan ekosistem. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri discovery terhadap hasil beljar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu. 2) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran inquiri discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu pada materi ekosistem di kelas VII MTs NU Astanajapura.3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran inquiri discovery pada konsep ekosistem di kelas VII MTs NU Astanajapura. Pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VII B MTs NU Astanajapura. Dalam penelitian ini menggunakan 3 siklus dalam setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran inquiri discovery dengan tipe berbeda-beda.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes objektif berupa pilihan ganda, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran inquiri discovery dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, karena dengan menerapkan model pembelajaran inquiri discovery kegiatan on task siswanya setiap siklusnya mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus ketiga dan sebaliknya kegiatan off task siswanya mengalami penurunan dalam setiap siklusnya.2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya, hasil siklus pertama rata-ratanya adalah 64,62 dengan peningkatan poin sebesar 0,37, kemudian pada siklus kedua rataratanya menjadi 69,25 dengan peningkatan poin sebesar 0,58 dan pada siklus yang ketiga rata-ratantya 71,62 dengan peningkatan poin sebesar 0,61. 3) Siswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran inquiri discovery, dapat dilihat dari hasil penyebaran angket. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi intrpretasi skor sebesar 64,54% dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:54
Last Modified: 06 Jun 2017 06:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item