PENGARUH JUMLAH DANA PIHAK KETIGA DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP ALOKASI PEMBIAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (Pada BRI Syari’ah Cabang Cirebon)

AHMAD JUHAERI, (2012) PENGARUH JUMLAH DANA PIHAK KETIGA DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP ALOKASI PEMBIAYAAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (Pada BRI Syari’ah Cabang Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD JUHAERI_58320218__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

AHMAD JUHAERI: Pengaruh Jumlah Dana Pihak Ketiga dan Tingkat Margin terhadap Alokasi Pembiayaan UKM (Pada BRI Syariah Cabang Cirebon) Penggerak utama perekonomian Indonesia selama ini adalah sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM), kenyataan ini terlihat ketika berguncangnya krisis ekonomi tahun 1997-1998 yang melemahkan hampir semua sektor ekonomi. Saat itu, UKM mampu bertahan menghadapi goncangan dibandingkan dengan usaha besar. UKM ini juga sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan menambah jumlah unit usaha baru yang mendukung pendapatan rumah tangga dari usaha tersebut. Kendala bagi UKM untuk berkembang salah satunya adalah modal khususnya pembiayaan dari bank. Dalam hal ini bank syariah dapat menjadi solusi bagi kendala UKM. Tanpa pembiayaan UKM akan kehilangan potensi untuk tumbuh dan berkembang dikarenakan dukungan utama berdirinya UKM adalah modal atau pembiayaan UKM Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh jumlah dna pihak ketiga dan tingkat margin terhadap alokai pembiayaan UKM di BRI syariah Cirebon.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi, yakni dana pihak ketiga, dan tingkat margin pembiayaan periode 20011 di BRI syariah Cabang Cirebon baik secara parsial, simultan maupun yang dominan berpengaruh terhadap alokasi pembiayaan UKM. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data melalui uji statistic diperoleh, jumlah dana pihak ketiga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap alokasi pembiayaan UKM dari hasil uji statistic nilai t hitung berada diatas t table yaitu sebesar 4.148. Begitu juga dengan tingkat margin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap alokasi pembiayaan UKM dengan t hitung sebesar 5.383 angka ini berada diatas t table sebesar 2,262. Dan secara simultan jumlah dana pihak ketig dan tingkat margin berpengaruh signifikan terhadap alokasi pembiayaan UKM pada BRIS Cirebun dilihat dari f hitung sebesar 38.847, nilai ini lebih tinggi dari f table yang sebesar 4.256. Dan dilihat dari pengaruhnya variable jumlah dana pihak ketiga dan tingkat margin mempengaruhi alokasi pembiayaan sebesar 89,6%, sedangkan sisinya 10,4% dipengaruhi factor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Jumlah Dana Pihak Ketiga, Tingkat Margin dan Alokasi Pembiayaan UKM

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:12
Last Modified: 05 Jun 2017 07:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item