PENERAPAN METODE BANDONGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK PESANTREN MODERN ALMA ASY-SYAUQY KELURAHAN KARYAMULYA KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON

ADNANI, (2015) PENERAPAN METODE BANDONGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK PESANTREN MODERN ALMA ASY-SYAUQY KELURAHAN KARYAMULYA KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ADAM SUDRAJAT PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

ADNANI: NIM. (1411111110004) PENERAPAN METODE BANDONGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI USIA 17-21 TAHUN DI PONDOK PESANTREN ASYSYAUQY KELURAHAN KARYAMULYA KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON Al-Qur’an merupakan firman Allah yang agung, yang dijadikan pedoman hidup oleh seluruh kaum muslimin serta membacanya bernilai ibadah. Membaca Al-Qur’an sebagai sebuah ibadah haruslah dilaksanakan sesuai ketentuan dalam qaidah ilmu tajwid. Karena membaca Al-Qur’an dengan memakai ilmu tajwid adalah fardu ‘ain atau merupakan kewajiban individu. Pondok Pesantren Modern Alma Asy-Syauqy merupakan Pondok Pesantren yang didalamnya mengajarkan tata cara membaca Al-Qur’an dengan metode bandongan yakni metode yang mengajarkan cara membaca Al-Qur’an secara langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan qoidah ilmu tajwid. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an metode bandongan di Pondok Pesantren Modern Alma Asy-Syauqy, bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an santri usia 17 21 tahun di Pondok Pesantren Modern Alma Asy-Syauqy, dan bagaimana pengaruh penerapan metode bandongan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri usia 17 21 tahun di Pondo Pesantren Modern Alma Asy-Syauqy. Penelitian ini berawal dari kerangka pemikiran bahwa Al-Qur’an merupakan Kalam Allah yang dijadikan sebagai pedoman hidup dan petunjuk bagi umat islam. Oleh karena itu maka setiap muslim diwajibkan mempelajari alqur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid baik dari makharijul huruf, sifatul huruf, ahkamul maddi wal qosr. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknikteknik sebagai berikut: angket, tes, dan observasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan rumus tabel frekuensi sehingga pada akhirnya di komulatifkan rata-rata prosentase. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bandongan dalam pembelajaran Al-Qur’an (variabel X) baik dilakukan dengan prosentase 68,8%. Adapun kemampuan membaca Al-Qur’an (variabel Y) baik hal ini didasarkan pada hasil perhitungan mean (63,36), modus (70), dan median (65). Dan pengaruh penerapan metode bandongan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri usia 17 21 tahun di Pondok Pesantren Modern Alma Asy-Syauqy Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon, termasuk kategori dengan rhitung sebesar 0,36 dan jika di interpretasikan terdapat pengaruh atau korelasi yang rendah yang berada dalam prosentase 0,20% – 40%. Adapun pengaruh penerapan metode bandongan (variabel X) terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an (variabel Y) sebesar 0,36% sedangkan sisanya 99,64% adalah di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 01:39
Last Modified: 10 May 2017 01:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item