UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI POKOK SHALAT MELALUI METODE DRILL (LATIHAN) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SINDANG KEMPENG KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON

ANAH ROHANAH, (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI POKOK SHALAT MELALUI METODE DRILL (LATIHAN) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SINDANG KEMPENG KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANAH ROHANAH PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Anah Rohanah 14111190028 Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga sekolah dan lingkungan. Keberhasilan pendidikan tiga komponen tersebut sangat menentukan. Disamping tiga komponen tersebut, metode atau strategi pembelajaran, alat-alat pembelajaran juga mutlak diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode drill (latihan) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi pokok shalat Kelas III di SDN 1 Sindang Kempeng kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam melafalkan dan melakukukan gerakan shalat dengan menggunakan metode drill (latihan), juga diharapkan bermanfaat bagi siswa, peneliti. Untuk mencapai tujuan tersebut dikembangkanlah rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran dengan metode dan media yang tepat yang tahapannya meliputi tahap kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus, yaitu serangkaian langkah-langkah mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian seperti lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, lembar kerja siswa, lembar penilaian proses, dan lembar evaluasi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap Siswa kelas III SDN 1 Sindang Kempeng sebanyak 25 siswa yang dilakukan dalam 3 siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi pengamatan diskusi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam penelitian pra siklus siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 40 % setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode drill (latihan). Ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 60 % dilanjutkan siklus II naik menjadi 76%, dan dilanjutkan siklus III naik menjadi 100% seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan metode drill (latihan) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi pokok shalat di Kelas III SDN 1 Sindang Kempeng Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon, prestasi belajar siswa mengalami kemajuan yang sanagat pesat. Temuan yang lainnya siswa menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 01:50
Last Modified: 10 May 2017 01:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item