PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI CIREBON 1 KOTA CIREBON

ATI SURYANTI, (2015) PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI CIREBON 1 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Ati Suryanti perpus (WM BLM)-min.pdf

Download (444kB) | Preview

Abstract

ATI SURYANTI :“PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII BIDANG STUDI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NEGERI CIREBON 1 KOTA CIREBON”. Proses pembelajaran dapat dikatakan sebagai proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan tertentu (materi pembelajaran) dari komunikan kepada komunikator dengan tujuan agar pesan dapat diterima. Komunikasi dikatakan efektif jika pesan dapat diterima dan dipahami, serta menimbulkan umpan balik yang positif.Komunikasi efektif dalam pembelajaran dapat didukung dengan keterampilan komunikasi guru dan minat belajar siswa. Minat belajar membuat siswa merasa suka dan tertarik untuk mengikut proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Cirebon 1 bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII, dan pengaruh keterampilan komunikasi guru terhadap minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Cirebon 1 Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa keterampilan komunikasi guru akan memberikan pengaruh yang besar terhadap minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Cirebon 1 sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal dan dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : (1) teknik pengumpulan data, yaitu observasi, angket, dokumentasi, wawancara. (2) Rumus persentase. (3) Rumus korelasi Product Moment untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : (1) keterampilan komunikasi guru terhadap minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII MTs Negeri Cirebon 1 dalam kategori baik, dengan skor rata-rata sebesar 76.95%. (2) minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII MTs Negeri Cirebon 1, dalam kategori cukup baik, dengan skor rata-rata sebesar 71,17%. (3) terdapat hubungan yang cukup kuat antara keterampilan komunikasi guru dengan minat belajar bidang studi SKI siswa kelas VIII MTs Negeri Cirebon 1 dengan nilai korelasi sebesar 0,412 dan nilai koefisien determinasiyaitu 16,9%. NIM: 14111110010

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:01
Last Modified: 10 May 2017 02:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item