PENGARUH PENERAPAN METODE TA’ZIR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PUTRA DI PONDOK PESANTREN DAARUL FATHONAH DESA TEGAL GUBUG LOR KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON

BUSTOMI RAMIN, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE TA’ZIR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PUTRA DI PONDOK PESANTREN DAARUL FATHONAH DESA TEGAL GUBUG LOR KECAMATAN ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BUSTOMI RAMIN (59410284) (WM BLM)-min.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Bustomi Ramin NIM 59410284 “Pengaruh Penerapan Metode Ta’zir Terhadap Kedisiplinan Belajar Santri Putra di Pondok Pesantren Daarul Fathonah Desa Tegalgubug Lor Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon” Pesantren Daarul Fathonah Desa Tegal Gubug lor Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon yang mengajarkan ilmu pengetahuan dan pembiasaan untuk selalu belajar dan terus belajar. Tetapi, kenyataannya tidak menunjukan hal yang baik masih banyak santri yang melakukan pelanggaran. Pondok Pesantren Daarul Fathonah, Belakangan ini banyak santrinya yang melakukan pelanggaran terhadap aturan-aturan pondok pesantren misalnya tidak mengikuti pengajian kitab atau pengajian quran. Walaupun santri sudah diberikan hukuman tetapi tetap melakukan pelanggaran Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Proses penerapan metode ta’zir di pondok pesantren, untuk Mengetahui proses kedisiplinan belajar santri putra di pondok pesantren, untuk memperoleh data tentang Mengetahui Dampak penerapan metode ta’zir bagi kedisiplinan belajar santri putra di pondok pesantren Daarul Fathonah Tegal Gubug Lor Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon Penelitian ini menggunakan pendekatan empirik/lapangan. Sumber data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan angket. Angket.santri keseluruhan dipondok sebanyak 46 santri, santri laki-laki sejumlah 46. Sampel yang diambil sebanyak 100% yaitu 46 responden. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data sehingga memperoleh kesimpulan penelitian. Hasil Penelitian Penerapan Metode Tazir ( variable X) menunjukkan nilai rata-rata sebesar 52,4 % yang berada pada interval 78,2% dalam kriteria Baik. Kedisiplinan Belajar Santri Putra (variable Y) menunjukkan nilai rata-rata sebesar 77,2% dalam kriteria Baik. Pengaruh Penerapan Ta’zir Terhadap Kedisiplinan Santri Putra Di Pondok Pesantren Daarul Fathonah Desa Tegal Gubug Lor Kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon (variabel XY) menunjukkan nilai rata-rata sebesar 96,04 % yang berada pada interval 41 %-60 % dalam kriteria Baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode tazir dalam kaitannya dengan kedisiplinan belajar santri putra Baik terbukti secara empirik

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:16
Last Modified: 10 May 2017 02:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item