PEMBIAYAAN BAI’ BITSAMAN AJIL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus BMT Ikhlasul Amal Di Indramayu)

Arip Kurniawan, (2012) PEMBIAYAAN BAI’ BITSAMAN AJIL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus BMT Ikhlasul Amal Di Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ARIF KURNIAWAN_50530101__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ARIP KURNIAWAN : PEMBIYAYAN BAI’ BITSAMAN AJIL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM). Studi Kasus BMT Ikhlasul Amal Di Indramayu. BMT (Baitul Mall Wattamwil) adalah merupakan lembaga keuangan mikro yang berperan membantu pelaku ekonomi kecil yang dikenal dengan usaha mikro dan beroperasi berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah, transaksi-transaksi serta produk yang dikeluarkan oleh BMT harus sesuai dengan syariah pula. BMT Ikhlasul Amal adalah salah satu lembaga BMT yang berusaha membantu pelaku ekonomi kecil tersebut didaerah sekitar pasar Karangampel Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu. Salah satu produk yang ditawarkan adalah Bai‟ Bitsaman Ajil. Produk ini mekanismenya adalah membantu usaha yang sudah berjalan dengan memberikan pinjaman kepada pelaku ekonomi kecil tersebut untuk dibelikan barang yang bermanfaat untuk kelangsungan usahanya, adapun pembayaran pinjamannya bisa diangsur sesuai kesepakatan. Adapun perumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana konsep produk pembiayaan Bai Bitsaman Ajil di BMT Ikhlasul Amal, bagaimana tanggapan nasabah terhadap produk bai bitsaman ajil di BMT Ikhlasul Amal Karangampel Indramayu, seberapa besar pengaruh penerapan produk pembiayaan bai bitsaman ajil dalam peningkatan kemampuan ekonomi nasabah pasar Karangampel. Tujuan penelitian skipsi ini adalah untuk mengetahui tentang produk pembiayaan Bai Bitsaman Ajil apakah sesuai dengan ketentuan syariah dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perkembangan usaha mikro di daerah pasar Karangampel dan sekitarnya. Penelitian dilakukan dengan metode survei dengan pengumpulan data melalui studi kepustakaan, wawancara, observasi, dan kuesioner dari para responden dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden. Data diolah dengan menggunakan spearrman rank. Hasil data tersebut diuji dengan menggunakan uji t statistik dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan pembiayaan Bai Bitsaman Ajil di BMT Ikhlasul Amal berjalan lancar dalam peningkatan kemampuan ekonomi nasabah. Hal ini ditunjukan melalui uji statistik diperoleh koefisien korelasi r = 0,072. Setelah dikonfirmasikan dengan rho tabel dengan N = 20 dengan tingkat signifikasi 5% rho tabel 0,423. Artinya terdapat hubungan yang positif antara penerapan pembiayaan Bai Bitsaman Ajil dengan peningkatan kemampuan ekonomi nasabah pasar Karangampel di BMT Ikhlasul Amal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:34
Last Modified: 06 Jun 2017 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item