PENGARUH PENERAPAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB SAFINAH AL-NAJAH SANTRI PUTRA PEMULA (USIA 13-15 TAHUN) PONDOK PESANTREN ASSALAFIE BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

DEDE MAHDUN, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB SAFINAH AL-NAJAH SANTRI PUTRA PEMULA (USIA 13-15 TAHUN) PONDOK PESANTREN ASSALAFIE BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEDE MAHDUN 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

DEDE MAHDUN “PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB SAFINAH AL-NAJAH SANTRI PUTRA PEMULA (USIA 13-15 TAHUN) PONDOK PESANTREN ASSALAFIE BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON 14111110013 Secara umum Pesantren memiliki beberapa macam metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kitab kuning, salah satunya adalah metode sorogan, dimana metode ini dilakukan secara tatap muka langsung antara kyai/ustadz dan santri. Apabila metode ini dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan menciptakan kemampuan membaca kitab dengan baik. Kemampuan santri membaca kitab Safinah Al-Najah di Pondok Pesantren Assalafie Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon dirasakan kurang, padahal telah diterapkan metode sorogan oleh ustadz yang berkompeten di bidangnya. Penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Assalafie Babakan Ciwaringin bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapa dan penggunaan metode sorogan, untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dalam kemampuan santri membaca kitab kuning. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa metode sorogan akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri sehingga perkembangan dan pemahaman santri mengenai materi pembelajaran dapat dipahami secara maksimal. Dengan demikian, penggunaan metode sorogan yang baik dan benar akan memberikan pengaruh besar untuk kelancaran membaca dan pemahaman santri dalam mengaji kitab kuning. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: Teknik pengumpulan data. Adapun teknik-tekniknya adalah: a. observasi, b. angket, c. wawancara, d. Dokumentasi. Menggunakan rumus prosentase dan Untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM). Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa : Penggunaan metode sorogan pada pengajian kitab kuning di Pondok Pesantren Assalafie dalam kategori Baik dengan skor sebesar 77.75%. Kemampuan santri dalam membaca kitab Safinah Al-Najah di Pondok Pesantren Assalafie Kecamatan dalam kategori Cukup Baik dengan skor sebesar 62,75%. Terdapat pengaruh penggunaan metode sorogan terhadap kemampuan santri dalam membaca kitab Safinah Al- Najah di Pondok Pesantren Assalafie Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon yaitu dengan kategori Sangat Rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi dengan nilai 0.022% dan nilai konstribusi determinasi yaitu dengan nilai prosentase adalah sebesar 0.048 % sedangkan sisanya yaitu 99.952 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:33
Last Modified: 10 May 2017 02:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2781

Actions (login required)

View Item View Item