PENGARUH PENERAPAN TA’ZIR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PUTRA DAN PUTRI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH KELURAHAN HARJAMUKTI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON

DEWI SINTA KOMALA SARI, (2015) PENGARUH PENERAPAN TA’ZIR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PUTRA DAN PUTRI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH KELURAHAN HARJAMUKTI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI SINTA KOMALASARI (14111110017) (WM BLM) - Copy-min.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

DEWI SINTA K NIM: 14111110017 PENGARUH PENERAPAN TA’ZIR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SANTRI PUTRA DAN PUTRI PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH KELURAHAN HARJAMUKTI KECAMATAN HARJAMUKTI KOTA CIREBON Hukuman (ta’zir) yang diberikan di pondok pesantren untuk mencapai keberhasilan suatu pendidikan yang diharapkan. Pondok pesantren mempunyai bentuk dan corak yang berbeda-beda antara pondok pesantren yang satu dengan yang lainnya untuk mendisiplinkan santrinya, ini disebabkan karena kondisi pesantren yang berbeda sertadari kebijakan-kebijakan yang disepakati oleh para pengurus pondok pesantren. Ketika ada santri yang dita’zir, pengurus pondok pesantren bermaksud menghentikan tingkah laku yang salah, supaya tidak mengulangi kembali dan santri mempunyai koreksi bagi dirinya sendiri, serta bertujuan untuk mendidik supaya bertingkah laku atau berakhlak yang baik sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan ta’zir di Pondok Pesantren Al-Istiqomah, untuk mengetahui kedisiplinan belajar santri putra dan putri Pondok Pesantren Al-Istiqomah, untuk mendapatkan data mengenai pengaruh ta’zir terhadap kedisiplinan belajar santri Pondok Pesantren Al- Istiqomah Kelurahan Harjamukti Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa penerapan ta’zir akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kedisiplinan belajar santri sehinhgga pelaksanaan belajar mengajar berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif. Adapun teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitian yang dibagikan angket adalah santri putra dan putri dan objek yang diwawancarai adalah pemimpin Pondok Pesantren Al-Istiqomah dan sebagian santrinya. Selanjutnya, data dianalisis dengan product moment. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hubugan antara variabel X dan Y sebesar 0,50, jika nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,50 itu termasuk kategori korelasi sedang, karena berada diantara kriteria rentang nilai antara 0,40-0,60 kategori sedang. Penerapan ta’zir di Pondok Pesantren Al- Istiqomah dalam kategori baik dengan hasil prosentase sebesar 85,41%, sedangkan kedisiplinan belajar santri putra dan putri Pondok Pesantren Al- Istiqomah dalam kategori baik dengan hasil prosentase sebesar 90,10% karena berada pada rentangan prosentase keterhubungan 76%-100%. Dalam analisis korelasi terdapat suatu angka yang disebut koefisien determinasi yang besarnya adalah kuadrat dari r hitung. Untuk contoh di atas ditemukan r = 0,50 koefisien determinasinya

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:39
Last Modified: 10 May 2017 02:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2783

Actions (login required)

View Item View Item