PENGARUH PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP AKHLAK SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

ELLA NURLAELA, (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP AKHLAK SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ELLA NURLAELA (WM BLM)-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ELLA NURLAELA 14111120113 PENGARUH PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP AKHLAK SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 DUKUPUNTANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON Dari beberapa fenomena yang ada masih temukan beberapa masalah mengenai akhlak siswa, terutama akhlak bersosialnya. Siswa cenderung lebih acuh terhadap siswa yang lainnya, dalam arti disini siswa kurang memiliki rasa empati terhadap teman lainnya. Dalam kegiatan pembelajaran, baik pendidik maupun konten materi tentunya selalu menganjurkan dalam kebaikan terlebih pembelajaran agama yang berkaitan antara dua hubungan manusia baik kepada sesama maupun kepada Allah swt. Tujuan dari pelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Akhlak Sosial Siswa kelas VII, serta Pengaruh antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Akhlak Sosial Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pendidikan selain mengutamakan tujuan untuk mengoptimalkan pengetahuan juga di ikuti dengan pengotimalan dalam hal akhlak. Tingkah laku dalam masyarakat di kenal dengan sebutan moral. Dalam kaitan dengan usaha mengembangkan tingkat perkembangan moral menurut Sjarkawi yang mengutip dalam buku (Bergling,1985: 3416) dikatakan bahwa Bergling mengklaim, bahwa pendekatan perkembangan kognitif dan belajar sosial memberi perspektif positif untuk meningkatkan perkembangan moral siswa (Sjarkawi, 2008:57). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan melakukan penyebaran angket kepada siswayang dijadikan sampel sebanyak 32 responden dan pengambilan nilai rapot siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment danprosentase untuk mengetahui pengaruh prestasi antara variable x dan variable y. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa hasil prosentase dari prestasi belajar siswa 47% memiliki rentang nilai 83-86 hal tersebut dikatakan baik, sedangkan akhlak sosial siswa dalam kategori cukup baik dengan prosentase 73,84%. kemudian, diperoleh nilai koefisien antara prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap akhlak sosial siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon sebesar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 02:52
Last Modified: 10 May 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item