PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI WAKAF, HIBAH, SHODAQOH DAN HADIAH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) CIREBON I

FAUZIYAH, (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI WAKAF, HIBAH, SHODAQOH DAN HADIAH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) CIREBON I. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FAUZIYAH (14111120115) (WM BLM)-min.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

FAUZIYAH NIM 14111120115 “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Metode Student Teams-Achievement Divison (STAD) Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Wakaf, Hibah, Shodaqoh dan Hadiah Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cirebon I” Pengunaan model pembelajaran dalam pembelajaran adalah hal yang perlu diperhatikan oleh kebanyakan guru, mengingat hal tersebut dapat memperbesar kemungkinan seseorang belajar lebih baik. Pada dasarnya setiap proses pembelajaran menghendaki agar peserta didik memperoleh hasil belajar yang maksimal. Namun, pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang hasilnya di bawah standar yang diharapkan. Hal ini memotivasi guru untuk senantiasa membuat inovasi baru dalam penggunaan model pembelajaran. Salah satu cara tersebut adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divison (STAD) terhadap peningkatan hasil belajar materi di MA Negeri Cirebon 1. Model Pembelajaran Cooperative Learning metode STAD adalah salah satu model pembelajaran yang membawa siswa aktif dalam berbicara dan berani dalam menyampaikan pendapat ataupun materi terhadap teman sekelompoknya yang sudah diarahkan oleh gurunya. Berdasarkan uraian di atas, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divison (STAD), mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divison (STAD) dan yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams- Achievement Divison (STAD) serta mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan yang dicapai siswa dalam pemahaman mata pelajaran fiqih pada pokok bahasan wakaf, hibah shodaqoh dan hadiah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divison (STAD). Metode yang digunakan adalah eksperimental dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MA Negeri Cirebon I. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Cluster Random Sampling dan terpilih kelas X Agama sebagai kelompok eksperimen dan X IPA2 sebagai kelompok kontrol. Rumus yang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus statistik uji normalitas, uji t dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini adalah penilaian akhir menggunakan tes post test, hasilnya adalah kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD lebih besar daripada kelas control dengan hasil rata- rata kelas eksperimen adalah 8, 7 dan kelas control 8,9 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajra Cooperative Learning tipe STAD lebih efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:08
Last Modified: 10 May 2017 03:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item