PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) SUNAN GUNUNG JATI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON

IBNU UBAIDILAH, (2015) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI KELAS X MADRASAH ALIYAH (MA) SUNAN GUNUNG JATI KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IBNU UBAIDILAH PAI 14111110034 (WM BLM)-min.pdf

Download (645kB) | Preview

Abstract

Ibnu Ubaidilah : Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Disiplin Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bidang Studi Al-Qur’an Hadits di Kelas X Madrasah Aliyah (MA) Sunan Gunung Jati Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon Kompetensi kepribadian guru menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik, dan yang termasuk di dalamnya adalah masalah disiplin belajar siswa. Akan tetapi tidak selamanya guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik, bisa menjadikan peserta didik yang memiliki disiplin belajar yang baik pula, dan hal yang seperti ini penulis temui pada guru bidang studi Al-Quran Hadits di kelas X Madrasah Aliyah (MA) Sunan Gunung Jati Losari Kabupaten Cirebon. Oleh karena itu, penelitian ini berisi tentang pengeruh kompetensi kepribadian guru terhadap disiplin belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi Al-Quran Hadits di kelas X MA Sunan Gunung Jati Losari Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadist dan disiplin belajar siswa kelas X pada bidang studi Al-Qur’an Hadits, serta pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap disiplin belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi Al-Quran Hadits di kelas X MA Sunan Gunung Jati Losari. Penelitian ini bertolak dari pemikiran dasar bahwa guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik, akan menghasilkan disiplin belajar siswa yang baik. Hal ini dikarenalkan adanya penerimaan rangsangan di dalam diri siswa pada setiap tingkah laku kepribadian guru dalam pembelajaran, yang mengakibatkan adanya perubahan pada kedisiplinan belajar siswa. Dalam mengumpulkan data atau informasi mengenai objek penelitian ini, penulis melakukan observasi langsung pada tempat penelitian, kemudian wawancara dengan beberapa narasumber, menyebarkan angket kepada siswa yang dijadikan sampel, studi dokumentasi, serta melakukan studi kepustakaan sebagai landasan teorinya. Dari hasil penelitian ini, yang berdasarkan observasi, wawancara dan hasil perhitungan angket yang telah disebarkan dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru Al-Qur’an Hadits di MA Sunan Gunung Jati Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon dalam kategori baik, dengan perolehan skor sebesar 83.303%. Disiplin belajar siswa kelas X dalam pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadits di MA Sunan Gunung Jati Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon dalam kategori baik, dengan perolehan skor sebesar 81,540%. Pengeruh kompetensi kepribadian guru terhadap disiplin belajar siswa dalam pembelajaran bidang studi Al-Quran Hadits di kelas X MA Sunan Gunung Jati Losari Kabupaten Cirebon dengan hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,385 yang termasuk dalam tingkatan rendah, karena berada di rentang antara 0,20 - 0,399, artinya semakin baik kompetensi kepribadian guru akan bertambah baik pula disiplin belajar siswa. 14111110034

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:27
Last Modified: 10 May 2017 03:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item