KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN

IIS SUPRIYATI, KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IIS_SUPRIYATI_PAI_2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Iis Supriyati : Kemampuan Pengelolaan Kelas dalam Aktivitas Pembelajaran dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Lebakwangi Kabupaten Kuningan Pengelolaan kelas dan aktivitas pembelajaran merupakan dua aspek yang mempengaruhi prestasi akademik siswa. Di SMP Negeri 2 Lebakwangi, pada dasarnya guru telah melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Namun aktivitas pembelajaran masih kurang baik karena masih banyak siswa kelas VIII yang tidak konsentrasi, ada beberapa siswa yang terlambat masuk kelas, berdiskusi sendiri, dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Pada akhirnya kondisi ini mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu sekitar 60% masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data kemampuan pengelolaan kelas guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Lebakwangi Kabupaten Kuningan; untuk mengetahui data aktivitas pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lebakwangi Kabupaten Kuningan; untuk mengetahui data prestasi akademik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lebakwangi Kabupaten Kuningan; dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan pengelolaan kelas terhadap aktivitas pembelajaran dan prestasi akademik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Lebakwangi Kabupaten Kuningan. Prestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor jasmaniah atau faktor fisiologis (seperti mengalami sakit, cacat tubuh atau perkembangan yang tidak sempurna); faktor psikologis (kecerdasan, sikap, minat, bakat, motivasi); keadaan sekolah, keadaan keluarga dan lingkungan masyarakat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik sebagai berikut: observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian tentang kemampuan pengelolaan kelas guru pendidikan agama Islam (PAI) yaitu sebesar 76,2% dengan kategori baik. Aktivitas pembelajaran yaitu sebesar 83% dengan kategori baik. Adapun prestasi akademik pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas VIII, dapat dilihat dari nilai rapor dan diketahui bahwa mean yaitu 78, median yaitu 76, dan modus yaitu 74. Kemampuan pengelolaan kelas dalam aktivitas pembelajaran dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas VIII, termasuk dalam kategori rendah dilihat dari perolehan indeks korelasi sebesar 0,310%. Adapun besar pengaruhnya yaitu 10%, sedangkan 90% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti. NIM: 14111110037

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:35
Last Modified: 10 May 2017 03:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item