PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRAKTEKAN SHALAT DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-WASHLIYAH KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

INANTO, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRAKTEKAN SHALAT DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-WASHLIYAH KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
INANTO PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Inanto: NIM: 14111110038 “Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Mempraktekan Shalat dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Washliyah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon” Pelaksanaan pembelajaran menuntut guru berusaha menciptakan suasana belajar yang kondusif agar siswa menjadi lebih kreatif dan mengembangkan potensi diri serta membentuk perilaku siswa yang lebih baik. Pendidikan juga merupakan suatu proses upaya yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk meningkatkan nilai perilaku seseorang atau masyarakat dari keadaan tertentu kesuatu keadaan yang lebih baik. Dalam mengajarkan praktek-praktek agama, Nabi Muhammad saw. juga banyak mempergunakan metode demonstrasi. Seperti mengajarkan cara-cara wudhu’, shalat, dan sebagainya. Seluruh cara-cara ini dipraktekan oleh Nabi Muhammad saw., kemudian barulah dikerjakan oleh Umatnya. Dalam suatu Hadist pernah Nabi menerangkan kepada umatnya, sabda Rasulullah saw. yang artinya: “Sembahyanglah kamu sebagaimana kamu melihat aku sembahyang.” (H.R. Bukhori). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Mempraktekan Shalat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Talun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase dan kolerasi product moment. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: (1) Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Mempraktekan Shalat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Washliyah Talun dalam katagori baik dengan skor 85,62 %. (2) hasil Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih siswa kelas VII MTs. Al-Washliyah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon termasuk dalam katagori baik, dengan skor 82,63 %. (3) hasil Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi (variabel X) Terhadap Kemampuan Siswa (variabel Y) Dalam Mempraktekan Shalat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Washliyah Talun menunjukan angka 0,332. Diperoleh rxy sebesar 0,332.angka ini menunjukan adanya hubungan rendah, artinya semakin baik pengaruh penerapan metode demonstrasi kemungkinan akan baik pula kemampuan siswa, begitu pula sebaliknya. Adapun Pengaruh penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih terhadap kemampuan siswa di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Talun Kabupaten Cirebon adalah 11 % dan 89 % sisanya yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:42
Last Modified: 10 May 2017 03:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item