PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KUALITAS AKHLAK SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 CIGUGUR KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN

INTAN MADIANTI, (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP KUALITAS AKHLAK SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 CIGUGUR KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
INTAN MARDIANTI PAI 2015 - Copy (WM BLM)-min.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

INTAN MARDIANTI NIM 14111110140 “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Kualitas Akhlak Sosial Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan” Dalam dunia pendidikan sangat ditekankan bahwa pembentukkan sikap atau akhlak sangat penting. Contoh dari melemahnya akhlak remaja yaitu siswa dalam berbicara dengan guru dan teman jauh dari perkataan yang sopan dan santun, serta beberapa dari mereka pun memasuki ruangan tidak mengucapkan salam, ada pula siswa yang mengganggu siswa kelas lain yang sedang belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kualitas akhlak sosial siswa, dan pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap kualitas akhlak sosial siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Dengan pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diharapkan terbentuknya kualitas akhlak asosial atau perangai yang baik dalam berhubungan dengan orang lain sesuai dengan ajaran agama. Akhlak sosial ialah tingkah laku atau interaksi individu terhadap individu lain dengan cara spontan dan mudah tanpa dibuat-buat dan tanpa memerlukan pemikiran. Manusia tidak akan dapat hidup bermasyarakat dengan normal dan dapat merealisasikan tujuan-tujuan yang mereka inginkan kecuali jika mereka berinteraksi antar sesamanya dengan baik dan benar (Ali Abdul Halim M, 2004:96) Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian Kuantitatif yaitu penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan dalam kategori Baik dengan skor sebesar 75,47%, kualitas akhlak sosial siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan dalam kategori Cukup dengan skor sebesar 71,57% dan hasil korelasi antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kualitas akhlak sosial siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan dapat diperoleh rxy sebesar 0,296 ternyata terletak antara 0,200 sampai dengan 0,400. Berdasarkan makna koefisien korelasi tergolong Rendah, sehingga kita dapat interpretasi yaitu terdapat pengaruh yang Rendah antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap Kualitas Akhlak Sosial Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:44
Last Modified: 10 May 2017 03:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2802

Actions (login required)

View Item View Item