UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN ZAKAT MELALUI PENERAPAN STRATEGI REACT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALITENGAH KABUPATEN CIREBON

KANAPI, (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN ZAKAT MELALUI PENERAPAN STRATEGI REACT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALITENGAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KANAPI 2015 PAI (WM BLM)-min.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Kanapi, NIM 14111190031. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran Zakat Melalui Penerapan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kalitengah Kabupaten Cirebon. PTK. Program peningkatan kualifikasi S1 Guru PAI, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Mei 2015. Kegiatan pendidikan dapat terjadi pada setiap manusia secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dilakukan guru terhadap siswanya selama ini bertujuan untuk mewujudkan dan menghasilkan siswa yang memiliki potensi dalam hal pengetahuan, ketrampilan maupun cara berfikir. Kurangnya penerapan strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran PAI berakibat pada pencapian nilai tes akhir yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subjek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VI SDN 1 Kalitengah melalui pendekatan kontekstual strategi REACT. Pembelajarann kontekstual (CTL) merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata. Melalui pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan strategi REACT siswa diharapkan mampu belajar melalui mengalami bukan menghafal. Contextual teaching and learning (CTL) memungkinkan proses belajar yang tenang dan menyenangkan, karena pembelajaran dilakukan secara alamiah. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kalitengah yang terdiri dari 25 siswa dengan komposisi laki-laki 10 siswa dan perempuan 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan obsevasi, tes, dan studi dokumentasi. pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/ 2015. Proses penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tiga siklus. Setiap siklus satu kali pertemuan terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes menggunakan instrumen soal. Kemudian hasil yang di peroleh pada tiap pertemuan di rata – ratakan untuk menjadi hasil akhir dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai 58,80. Siklus ke dua memperoleh nilai 73,20, dan siklus ke tiga memperoleh nilai 84,40. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktivitas siswa dengan memperoleh skor rata-rata pada siklus pertama yaitu 2,67. Pada siklus kedua memperoleh skor 2,93. Sedangkan pada siklus ketiga memperoleh skor rata-rata 3,27. Penelitian ini berkesimpulan bahwa melalui strategi REACT dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi zakat siswa kelas VI SDN 1 Kalitengah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:52
Last Modified: 10 May 2017 03:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item