PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KARANGMANGU DESA DUKUHJATI KECAMATAN KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

KHAYA HIDAYATULLAH, (2015) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) KARANGMANGU DESA DUKUHJATI KECAMATAN KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHAYAT HIDAYATULLAH PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

KHAYAT HIDAYATULLAH: ( 14111110041 ) Pembelajaran Aqidah Akhlak Dan Pengaruhnya Terhadap Prilaku Sosial Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Karangmangu Desa Dukuhjati Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Pendidikan bidang studi aqidah akhlak pada dasarnya dimaksudkan untuk membentuk prilaku siswa yang baik dan terpuji. Yaitu untu mewujudkan manusia yang rajin ibadah, jujur, disiplin, toleransi, bertanggung jawab, menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta menciptakan suasana yang damai dan tentram. Tapi pada kenyataan yang ada di lapangan peserta didik masih belum memiliki sifat dan sikap terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang proses pembelajaran aqidah akhlak, prilaku sosial siswa setelah mengikuti pembelajaran aqidah akhlak dan pengaruh pendidikan aqidah akhlak terhadap prilaku sosial siswa setelah mengikuti pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini dilandasi oleh pemikiran bahwa manusia sebagai mahkluk sosial, senantiasa berhubungan dengan manusia lainya dalam masyarakat. Sosialisasi pada dasrnya merupakan proses penyesuaian diri terhadap kehidupan sosial, yaitu bagaimana seharusnya seorang hidup didalam kelompok atau lingkunganya, baik kelompok primer (lingkungan keluarga), maupun kelompok skunder (lingkungan masyarakat).Proses sosialisasi dan interaksi sosial dimulai sejak manusia lahir dan berlangsung terus hingga ia dewasa atau tua. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, penyebaran angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dengan rumus prosentase dan product moment. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1). Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran aqidah akhlak di MTs Karangmangu dalam kategori baik dengan prosentase sebesar 82.35%, 2). prilaku sosial siswa dikategorikan baik dengan prosentase sebesar 82.52%, 3).pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap prilaku sosial siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Karangmangu sebesar 6.25% dan sisanya oleh faktor lain. Dengan kata lain siswa dipengaruhi pola pergaulan yang melingkupi kehidupan di luarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:55
Last Modified: 10 May 2017 03:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item