PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERAMPILAN SANTUN DALAM BERBAHASA SISWA DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON JALAN SITUGANGGA NO. 165 KALITANJUNG

KHUSNUL KHOTIMAH, (2015) PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERAMPILAN SANTUN DALAM BERBAHASA SISWA DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON JALAN SITUGANGGA NO. 165 KALITANJUNG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
KHUSNUL KHOTIMAH PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

KHUSNUL KHOTIMAH NIM : 14111110044. “PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERAMPILAN SANTUN DALAM BERBAHASA SISWA DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON JALAN SITUGANGGA NO. 165 KALITANJUNG” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Fenomena berbahasa di kalangan siswa yang seringkali ucapan para remaja dalam berkomunikasi sehari-hari menggunakan bahasa yang tidak santun dalam berbicara kepada orang lain tanpa memperdulikan perbedaan umur, kedudukan sosial, waktu dan tempat. Bila anak dibiarkan dengan bahasa mereka, tidak mustahil bahasa yang sudah ada pun dapat hilang dan selanjutnya lahir generasi yang arogan, kasar dan kurang dari nilai-nilai etika dan agama. Pengamatan sementara menunjukan bahwa ungkapan bahasa yang kasar dan arogan di kalangan remaja seringkali menyebabkan perselisihan dan perkelahian antar mereka. Dari permasalahan di atas penulis merumuskan dalam beberapa pertanyaan yaitu: 1) Bagaimana penggunaan bahasa lisan guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon. 2) Bagaimana keterampilan santun dalam berbahasa siswa di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon. 3) Bagaimana pengaruh bahasa lisan guru terhadap keterampilan santun dalam berbahasa siswa di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa lisan guru dalam interaksi pembelajaran di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon, keterampilan santun dalam berbahasa siswa di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon, dan pengaruh bahasa lisan guru terhadap keterampilan santun dalam berbahasa siswa di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik lapangan dengan menggunakan sumber data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dokumentasi serta angket. Adapun data sekolah jumlahnya dianalisis dengan rumus product moment. Penggunaan bahasa lisan guru SMK Al-Hidayah Kota Cirebon tergolong kategori yang cukup, diperoleh nilai 71,69% (berada pada rentang prosentase 56-75%). Keterampilan santun dalam berbahasa siswa tergolong kategori yang cukup, diperoleh nilai 62% (berada pada rentang prosentase 56-75%). Pengaruh bahasa lisan guru terhadap keterampilan santun dalam berbahasa siswa SMK Al-Hidayah Kota Cirebon berada pada tingkat korelasi yang tinggi, untuk pengujian signifikansi korelasi product moment menunjukkan bahwa untuk n = 52, taraf kesalahan 5% maka = 0,266. Ternyata (0,775) lebih besar dari (0,266). Dengan demikian koefisien korelasi 0,775 itu signifikan. Karena > maka Ha diterima dan Ho ditolak, jadi penggunaan bahasa lisan guru memberikan kontribusi dan pengaruh terhadap ketrampilan berbahasa santun siswa sebesar 60%, dan sisanya 40% ditentukan oleh faktor lain.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 04:10
Last Modified: 10 May 2017 04:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item