PENGARUH BONUS DAN DIFERENSIASI TABUNGAN WADIAH TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BANK SYARIAH (Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon)

BIBAH NURHABIBAH, (2012) PENGARUH BONUS DAN DIFERENSIASI TABUNGAN WADIAH TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BANK SYARIAH (Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
BIBAH NURHABIBAH_58320226__OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

BIBAH NURHABIBAH; NIM, 58320226 Pengaruh Bonus Dan Diferensiasi Tabungan Wadiah Terhadap Keunggulan Bersaing Bank Syariah (Pada Nasabah BRI Syariah Cabang Cirebon) Keunggulan bersaing adalah kemampuan bank untuk memberikan nilai lebih yang diberikan pesaing, yang dinilai penting oleh pelanggan. Keunggulan bank dapat ditimbulkan dari kemampuan bank untuk memanfaatkan berbagai sumber daya dan kapabilitasnya sebagai aset strategi. Keberhasilan pengelolaan aset strategi ini akan menentukan keunggulan khas bank yang mampu menciptakan posisi diferensial dibanding para pesaing dan produk penghimpunan dana di bank syariah ada beberapa macam, salah satunya tabungan wadiah. Dalam pemanfaatan dana nasabah yang ditabung dengan akad wadiah ini, risiko dan keuntungan yang muncul sepenuhnya hak dan tanggungjawab pihak bank, tapi pada praktiknya bank syariah biasanya membagikan keuntungan tersebut dengan istilah bonus. Porsi bonus wadiah yang diberikan bank syariah sepenuhnya merupakan kebijakan pihak bank, dan bonus tersebut tidak diperjanjikan di awal akad. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah bonus tabungan wadiah berpengaruh terhadap keunggulan bersaing bank syariah, apakah diferensiasi tabungan wadiah berpengaruh terhadap keunggulan bersaing bank syariah, seberapa besar pengaruh bonus dan diferensiasi tabungan wadiah terhadap keunggulan bersaing bank syariah. Dari rumusan masalah di atas, terdapat tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bonus tabungan wadiah terhadap keunggulan bersaing bank syariah, untuk mengetahui pengaruh diferensiasi tabungan wadiah terhadap keunggulan bersaing bank syariah, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bonus dan diferensiasi tabungan wadiah terhadap keunggulan bersaing bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu mengadakan penelitian dan menganalisis data melalui perhitungan statistika. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara penyebaran angket. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan transformasi data, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien diterminasi dan uji t. Berdasarkan penelitian, kesimpulan yang dihasilkan dari variabel bonus dan diferensiasi tabungan wadiah secara parsial adalah terdapat pengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing bank syariah dan kesimpulan yang dihasilkan secara simultan sebesar 25,1%, yang berarti bonus dan diferensiasi tabungan wadiah berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing bank syariah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:44
Last Modified: 06 Jun 2017 02:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item