PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI NASABAH, ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Penelitian Pada BMT El Gunung Jati Cirebon)

CUCU SETIADI, (2012) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI NASABAH, ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Penelitian Pada BMT El Gunung Jati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
CUCU SETIADI_07320087___ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cucu Setiadi : PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Penelitian Pada BMT “El-Gunung Jati” Desa Kalisapu Kec. Gunung Jati Kab. Cirebon) Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya akan menggunakan strategi pemasaran yang terbaik, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu strategi pemasaraan yang dimaksud adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap konsumen serta atribut produk yang melekat pada produk-produk dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah di BMT El-Gunung Jati Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah responden 50 nasabah. Data primer yang dikaji dengan menggunakan hipotesis dengan tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Dari hasil uji regresi, diketahui besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan dan atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah secara simultan sebesar 90,1%. Sedangkan secara parsial besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah sebesar 20,3% dan pengaruh variabel atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah sebesar 40,3%. Dan besarnya pengaruh variabel-variabel lain di luar model terhadap nilai jasa sebesar 9,9%. Hasil penelitian ini menginformasikan bahwa kualitas pelayanan, dan atribut produk Islam berpengaruh signifikan dan menjadi faktor yang penting bagi kepuasaan nasabah di BMT El-Gunung Jati Cirebon. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Atribut Produk Islam, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 06:47
Last Modified: 06 Jun 2017 02:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item