PENGARUH PENERAPAN METODE HUKUMAN TERHADAP KETAATAN SANTRI USIA 13-18 TAHUN DALAM PELAKSANAAN DISIPLIN PERATURAN DI PONDOK PESANTERN AL-ARIFAH BUNTET PESANTREN

NUR ALI LUKMAN, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE HUKUMAN TERHADAP KETAATAN SANTRI USIA 13-18 TAHUN DALAM PELAKSANAAN DISIPLIN PERATURAN DI PONDOK PESANTERN AL-ARIFAH BUNTET PESANTREN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NUR ALI LUKMAN (WM BLM)-min.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

NUR ALI LUKMAN: 14111110069 “PENGARUH PENERAPAN METODE HUKUMAN TERHADAP KETAATAN SANTRI USIA 13-18 TAHUN DALAM PELAKSANAAN DISIPLIN PERATURAN DI PONDOK PESANTERN AL-ARIFAH BUNTET PESANTREN CIREBON” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada sebagian santri yang belum sepenuhnya mentaati peraturan disiplin di pondok pesantren, walaupun pondok pesantren sudah melakukan pengawasan dengan ketat kepada setiap santri dan menerapkan metode hukuman terhadap santri yang melakukan pelanggaran. Hal ini bertujuan untuk membimbing santri dan mengarahkan kearah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan jenis pemberian hukuman terhadap kasus pelanggaran di pondok A-Arifah Buntet Pesantren Cirebon. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode hukuman terhadap ketaatan santri di Pondok Al-Arifah Buntet Pesantren Cirebon. Untuk mengetahui seberapa besar ketaatan santri dalam mentaati peraturan kedisiplinan di Pondok Al-Arifah Buntet pesantren Cirebon. Dalam pelaksanaan disiplin peraturan santri dengan penerapan metode hukuman santri diharapkan dapat disiplin dalam kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu: disiplin waktu, disiplin belajar dan disiplin tingkah laku, dari disiplin ini diharapkan santri bisa mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi dan menjadi sebuah kebiasaan ketika santri sudah keluar. Dengan demikian, penerapan metode hukuman terhadap disiplin ketaatan santri bisa menjadi metode yang efektif dan benar akan memberikan pengaruh terhadap tingkat kedisiplinan pada santri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik sebagai berikut: observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus skala prosentase. Dan untuk mengetahui korelasi antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumus korelasi Pearson Product Moment (PPM). Dari hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa; (1) penerapan metode hukuman di pondok pesantren al-Arifah yaitu katagori baik dengan skor sebesar 85,3125% karna berada pada persentase keberpengaruhan 76%-100%. (2) disiplin ketaatan peraturan santri usia 13-18 tahun di pondok pesantren al-Arifah yaitu katagori baik dengan skor sebesar 83,8% karna berada pada persentase keberpengaruhan 76%-100%. (3) Pengaruh Penggunaan metode hukuman terhadap disiplin peraturan santri usia 13-18 tahun di pondok Al-Arifah Buntet pesantren Cirebon.sebesar yaitu terdapat hubungan yang positif sebesar 0, 3806 yang berarti korelasi “rendah” karena berada dalam interval 0,20 - 0,399. Kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Adapun besaran keberpengaruhannya adalah 14, 48% dan sisanya 85, 52% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 06:44
Last Modified: 10 May 2017 06:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2826

Actions (login required)

View Item View Item