UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELAKSANAKAN SHALAT DENGAN TERTIB MELALUI PENGGUNAAN FILM ANIMASI

R A S M I N A H, (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELAKSANAKAN SHALAT DENGAN TERTIB MELALUI PENGGUNAAN FILM ANIMASI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Rasminah_NIM. 14111190032 (WM BLM)-min.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

RASMINAH, NIM. 14111190032. “ UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MELAKSANAKAN SHALAT DENGAN TERTIB MELALUI PENGGUNAAN FILM ANIMASI ” ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015 ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi melaksanakan shalat dengan tertib melalui penggunaan film animasi dalam pembelajaran langsung. Subjek penelitian ini adalah 37 orang siswa Kelas III SDN 4 Kenanga tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan permasalahan berupa rendahnya hasil belajar siswa pada materi melaksanakan shalat dengan tertib, dimana hanya 12 orang siswa atau 32,43 % siswa yang berhasil memenuhi KKM dan sisanya sebanyak 25 siswa atau 67,57 % siswa mendapatkan nilai jauh dibawah KKM yang ditentukan. Proses pembelajaran dilakukan dengan peneliti sebagai pengajar serta wali kelas III sebagai observer, siswa terlebih dahulu menyaksikan film animasi yang diputarkan melalui bantuan proyektor, kemudian guru memberikan penguatan dan meminta siswa untuk mengerjakan LKS sebagai bahan evaluasi. Setelah penelitian siklus I dilakukan terdapat progres yang besar terhadap meningkatnya pemahaman siswa, hasil penelitian siklus 1 menunjukan bahwa sebanyak 24 orang siswa (64,86%) telah berhasil memenuhi standar KKM yang telah ditentukan. Hasil tersebut kembali naik pada siklus II menjadi 37 orang siswa (100%) yang berhasil memenuhi standar KKM. Hasil tersebut telah memenuhi target keberhasilan yang ingin dicapai (90%) pada penelitian yang dilaksanakan. Sehingga penelitian dinyatakan berhasil dan berhenti pada kegiatan siklus II. Disimpulkan, bahwa penggunaan media film animasi mampu menunjang proses pembelajaran. Kemampuan dan kreatifitas guru meningkat, sehingga berpengaruh pada proses pembelajaran di kelas. Siswa menjadi lebih bersemangat, karena penggunaan media film animasi ini juga mampu merangsang siswa menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 06:59
Last Modified: 10 May 2017 06:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2831

Actions (login required)

View Item View Item