PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN

RIKA OLIVIA ELWANDA, (2015) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIKA OLIVIA ELWANDA (14111110078) (WM BLM)-min.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Rika Olivia Elwanda :Pembelajaran Akidah Akhlak dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persatuan Ummat Islam (PUI) Ciawigebang Kabupaten Kuningan Pendidikan sangat erat kaitannya dengan sekolah, walaupun pada kenyataannya pendidikan tidak hanya ada di sekolah, melainkan ada di lingkungan keluarga juga masyarakat. Oleh karena itu, perilaku sosial anak terhadap lingkungan dapat terpengaruh melakukan hal-hal yang melanggar tata tertib seperti tawuran, kurang sopan terhadap guru dan kurang harmonisnya antar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhdap perilaku sosial siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Persatuan Ummat Islam (PUI) Ciawigebang kabupaten Kuningan. Manusia tidak pernah hidup sendirian. Hidup seseorang dikelilingi dengan individu-individu lain, individu tersebut terdiri dari keluarga, masyarakat maupun teman di sekolah. Semua saling memberi pengaruh dan berinteraksi antar sesama manusia. Akhlak memegang peran penting sebagai penuntun bagi semua manusia dalam hal berinteraksi sosial. Sebab manusia merupakan makhluk sosial, yang saling membutuhkan satu sama lain. Akhlak tentunya harus ditanamkan dan diajarkan kepada siswa agar siswa memiliki perilaku sosial yang baik, baik bagi keluarga, masyarakat dan teman di sekolah. Akhlak juga mencerminkan pribadi diri pada individu tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik sebagai berikut: observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan skala prosentase. Dan untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, maka digunakan rumusan kolerasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui setelah diketahui pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,582 selanjutnya nilai tersebut diidentifikasi tinggi rendahnya. Jika menurut Anas Sudijono (2011:193) maka nilai korelasi sebesar 0,582 itu termasuk kategori korelasi sedang karena berada di antara kriteria rentang nilai antara 0,40-0,70 kategori sedang. Dalam analisis kolerasi terdapat suatu angka yang disebut koefisien determinasi yang besarnya adalah kuadrat dari r hitung. Untuk contoh diatas ditemukan r=0,582 koefisien determinasinya = 0,5822 x 100 = 33,87. Hal ini berarti perilaku sosial siswa 33,87% ditentukan oleh pembelajaran akidah akhlak 66,13% oleh faktor lain. NIM: 14111110078

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 07:02
Last Modified: 10 May 2017 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item