PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 7 KOTA BANJAR

SHANTY SRIMULYANI, (2015) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 7 KOTA BANJAR. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Shanty Srimulyani PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

SHANTY SRIMULYANI NIM: 14111110086 : “Penggunaan Media Audio Visual dan Pengaruhnya terhadap Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Banjar” Proses belajar mengajar adalah suatu proses komunikasi. Komunikasi mengandung makna menyebarluaskan informasi atau menyampaikan pesan atau informasi dari sumber pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Seorang pendidik harus dapat mengelola pembelajaran dengan baik dalam berbagai aspeknya, antara lain dari segi pemilihan metode, media, pendekatan dan teknik mengajar. Seiring dengan berkembangnya arus teknologi dan komunikasi, maka perlu dilakukan inovasi pendidikan agar teknologi dapat dimanfaatkan dalam proses mencetak sumber daya manusia. Salah satunya penggunaan media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang media audio visual dan pengaruhnya terhadap keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Banjar. Media pembelajaran akan memudahkan siswa menerima dan mengingat materi yang telah disampaikan. Manfaat lain, akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi, karena dapat ditunjukan secara langsung kepada siswa, suatu bukti konkrit berupa suara dan gambar gerak karena media pembelajaran berhubungan langsung dengan indra penglihatan dan pendegaran. Kemampuan media audio visual dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua jenis media baik auditif dan juga visual. Penggunaan audiovisual sangat efektif dilakukan dalam hal pemanfaatan alat inderanya, artinya peserta didik dapat dan mampu mengikuti pelajaran dengan menggunakan lebih dari satu alat inderanya, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan. Penyusunan skripsi ini menggunakan dua data. Pertama, data teoritik yang diperoleh dari sejumlah buku dan literature yang ada hubungannya dengan masalah skripsi untuk dijadikan rujukan. Kedua data empirik diperoleh melalui peneliti terjun langsung ke objek penelitian dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, studi dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual sudah berjalan dengan baik hal ini berdasarkan perolehan rata-rata 83%, keaktifan belajar baik dengan perolehan 81% dan hasil korelasi antara penggunaan media audiovisual dengan keaktifan belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Kota Banjar dapat diperoleh rxy sebesar 0,49 angka ini menunjukan adanya hubungan yang sedang atau cukup, artinya semakin baik penggunaan media audiovisual kemungkinan akan semakin baik pula keaktifan belajar siswa, begitu pula sebaliknya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 07:18
Last Modified: 10 May 2017 07:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2840

Actions (login required)

View Item View Item