UPAYA PENGURUS PONDOK PESANTREN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK YATIM DI PONDOK PESANTREN AL-MUTAWALLY DESA BOJONG KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN

YUYUN YULIAWATI, (2015) UPAYA PENGURUS PONDOK PESANTREN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK YATIM DI PONDOK PESANTREN AL-MUTAWALLY DESA BOJONG KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YUYUN YULIAWATI PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Yuyun Yuliyawati: UPAYA PENGURUS PESANTREN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK YATIM DI PONDOK PESANTREN AL-MUTAWALLY DESA BOJONG KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN Demi tercapainya tujuan pendidikan nasional tentu memerlukan usaha keras dalam menyelenggarakan pendidikan tersebut, diantara usaha tersebut adalah memikirkan bagaimana supaya anak-anak yatim yang kurang mampu dapat merasakan pendidikan yang layak bagi mereka. PP al-Mutawally adalah salah satu lembaga pendidikan yang peduli terhadap pendidikan anak yatim, kepedulian tersebut diidentifikasi dari upaya pengurus pesantren yang sangat menonjol kepeduliannya terhadap pendidikan anak yatim sehingga lembaga yang dinaunginya turut terimbas menjadi peduli terhadap pendidikan anak yatim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengurus dalam pengelolaan anak yatim di PP al-Mutawally Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh anak yatim di PP al-Mutawally Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.Untuk mengetahui kepribadian anak yatim hasil pemberdayaan yang dilakukan pengurus di PP al-Mutawally Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Salah satu problematika hidup anak-anak yatim adalah masalah pendidikan mereka. Pada saat orang tua mereka masih hidup, merekalah yang mendidik dan bertanggung jawab dalam memberikan pendidikan. Akan tetapi setelah orang tuanya telah tiada, maka harus ada orang lain yang bertanggung jawab dan memberikan pendidikan terhadap mereka. Anak yatim tidak bisa dan tidak boleh dibiarkan untuk hidup dalam keadaan terlantar tanpa ada yang mendidik. Tanpa pendidikan dan tanpa ada orang yang merasa bertanggung jawab, maka akan membuat anak yatim menjadi sangat menderita dan semakin sengsara. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data-data penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh peneliti bahwa upaya pengurus dalam pengelolaan pendidikan anak yatim di PP al-Mutawally dapat dikategorikan baik karena didalam pengelolaan pendidikan anak yatim pengurus memiliki strategi pengelolaan seperti metode, visi, misi pengelolaan pendidikan anak yatim, tempat pengelolaan pendidikan anak yatim yang baik, serta tujuan pengelolaan pendidikannya. Potensi anak yatim dalam hal penguasaan dan pengimlementasian ilmu-ilmu yang telah didapat dari hasil pengelolaan pengurus amat baik, hal tersebut terbukti dari banyaknya santri-santri yang berprestasi justru berasal dari santri yatim dan piatu. NIM: 59410272

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 07:25
Last Modified: 10 May 2017 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item