KOMPARASI PENERAPAN VEE MAP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 KRANGKENG

NURUL ANISAH, (2012) KOMPARASI PENERAPAN VEE MAP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 KRANGKENG. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360012_NURUL ANISAH (07460824)__OK.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

NURUL ANISAH : “Komparasi Penerapan Vee Map dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Krangkeng” Salah satu kendala dalam pencapaian tujuan kegiatan pembelajaran yaitu penerapan metode pembelajaran yang masih menggunakan metode lama yang menganggap bahwa kegiatan pembelajaran itu adalah transfer pengetahuan dari guru kepada murid saja tanpa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan; apa, mengapa dan bagaimana. Guru memberikan teori ke siswa, siswa menghapal teori yang diberikan oleh guru, dan kemudian guru memberi soal untuk menguji apakah teori yang diberikan dapat diserap atau tidak oleh siswa-siswanya. Metode demikianlah yang menghambat cara berfikir siswa. Rendahnya keterampilan berfikir siswa jauh tertinggal dari perkembangan ilmu itu sendiri, siswa hanya menerima pelajaran saja tanpa diberi kesempatan untuk berfikir kreatif. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus bukan tidak mungkin kegiatan pembelajaran di kelas menjadi sesuatu yang membosankan dan menjemuhkan bagi siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang menumbuhkembangkan pengaktifan berfikir siswa. Salah satu metode tersebut adalah penerapan Vee Map. Penerapan model pembelajaran Vee Map sangat diperlukan dalam pendidikan tidak terkecuali dengan mata pelajaran Biologi. Vee map atau peta vee merupakan suatu disiplin ilmu, artinya suatu cara untuk mengorganisasikan pengetahuan dalam struktur kognitif seorang siswa. Siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dengan cara membuat vee map dalam konsep yang diberikan kepada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model vee map dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa yang pada akhirnya dapat meningkatan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui keterampilan berfikir kreatif yaitu dengan mengamati sikap siswa pada proses pembuatan vee map dan tes Torrence, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yaitu dengan tes pilihan ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan desain penelitian yang digunakan adalah control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Krangkeng yang berjumlah 270 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yang diambil secara acak dan terpilih sebagai sampel targeT yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa hasil tes dengan tes Torrence kelas eksperimen mendapatkan rata-rata 4,5 yang termasuk dalam kriteria berfikir kreatif sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata-rata 4,7 yang termasuk kriteria tidak berfikir kreatif. Berdasarkan uji t diperoleh data sig 0,22>0,05, hal ini menyimpulkan bahwa penerapan Vee Map dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dan berdasarkan data respon siswa, penerapan peta vee mendapatkan respon yang baik yaitu dengan rekapitulasi presentase % dengan kategori setuju dengan diterapkanya peta vee dalam meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dan model pembelajaran Biologi pada konsep jaringan tumbuhan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:01
Last Modified: 07 Jun 2017 01:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item