PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS USAHA KECIL (Penelitian Pada BMT El-Fajar Jalaksana-Kuningan)

DIDING SUKMADI, (2012) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PRODUKTIVITAS USAHA KECIL (Penelitian Pada BMT El-Fajar Jalaksana-Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DIDING SUKMADI_58320122__ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Diding Sukmadi (58320122): Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Produktivitas Usaha Kecil (Penelitian Pada BMT El-Fajar Jalaksana-Kuningan) BMT El-Fajar adalah suatu lembaga keuangan non bank yang kegiatannya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi yang diperuntukan bagi pengusaha bawah dan kecil antara lain mendorong kegiatan simpan pinjam. BMT mampu memberikan dampak yang cukup signifikan bagi usaha kecil, terbukanya akses terhadap sumber modal memberikan potensi yang amat besar bagi kelangsungan dan perkembangan usaha kecil. Kegiatan pembiayaan yang sering digunakan BMT El-Fajar adalah sistem bagi hasil, dengan menggunakan produk pembiayaan mudharabah. Dimana mudharabah merupakan pemberian pinjaman modal yang diberikan BMT kapada nasabahnya sebagai modal usaha, keuntungan yang diperoleh akan dibagi diantara mereka berdua, dan jika rugi ditanggung oleh BMT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran pembiayaan mudharabah di BMT El-Fajar Jalaksana-Kuningan dan mengetahui gambaran tingkat produktivitas usaha kecil, dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap tingkat produktivitas usaha kecil pada BMT El-Fajar Jalaksana-Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data primer yakni memperoleh informasi langsung dari responden melalui kuesioner/ angket, serta observasi. Uji instrument yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, karena data berbentuk ordinal maka ditransformasikan terlebih dahulu ke data interval. Kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji regresi berganda, pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap tingkat produktivitas usaha kecil. Dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (12,801 > 1,67155). Dengan demikian terdapat pengaruh positif, Pembiayaan Mudharabah terhadap tingkat produktivitas usaha kecil pada BMT El-Fajar Jalaksana Kuningan. Dilihat dari hasil tabel model summary besarnya angka R square (r2) adalah 0,739. Angka tersebut mempunyai arti pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap tingkat produktivitas usaha kecil adalah 73,9% sisanya sebesar 26,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Pembiayaan mudharabah, tingkat produktivitas usaha kecil

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:00
Last Modified: 06 Jun 2017 03:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item