PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORASI SCRAMBLE DENGAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NEGERI CIREBON II

Fera Fajriah, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOLABORASI SCRAMBLE DENGAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII MTs NEGERI CIREBON II. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360014_FERA FAJRIAH__OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fera Fajriah, Penerapan Metode Pembelajaran Kolaborasi Scramble dengan Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Ekosistem Di Kelas VII MTs Negeri Cirebon II, Pembimbing I : Dr. Dewi Cahyani, MM., M.Pd, Pembimbing II: Saifuddin, M.Ag Metode adalah salah satu cara yang digunakan dalam proses pembelajaran. Guru tidak bisa mengajar dengan metode yang bervariasi sesuai materi pelajaran, akibatnya siswapun menjadi bosan, pasif dan hanya mencatat saja. Guru yang progresif berani mencoba metode-metode yang baru yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini (1) mengkaji sikap siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kolaborasi Scramble dengan Think Pair And Share pada pokok bahasan ekosistem, (2) mengkaji hasil belajar siswa menggunakan dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran kolaborasi Scramble dengan Think Pair And Share, (3) mengkaji adakah perbedaan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan dengan yang tidak menggunakan metode pembelajaran kolaborasi Scramble dengan Think Pair And Share pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII MTs Negeri Cirebon II. Peneliti menerapkan dua metode yang dikolaborasikan yakni metode pembelajaran Scramble dengan Think Pair And Share agar siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan. Dalam pembelajarannya yaitu terdapat sedikit permainan dan saling berbagi informasi. Metode Scramble yaitu mengisi soal dengan sedikit permainan, dan Think Pair And Share yaitu berdiskusi bersama teman sebelah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes (pretes dan postes) dan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E kelas eksperimen berjumlah 33 siswa dan VII F kelas kontrol 33 siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menyatakan setuju pada penerapan metode pembelajaran kolaborasi Scramble dengan Think Pair And Share dengan jumlah rata-rata 55,8%. Hasil belajar postes siswa pada kelas eksperimen dari 33 siswa yang mendapatkan hasil di atas KKM sebanyak 21 siswa, sedangkan kelas kontrol hanya 9 siswa. Data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Samples Test diperoleh nilai Sign. 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagian besar siswa menyatakan setuju pada penerapan metode pembelajaran kolaborasi Scramble dengan Think Pair And Share. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih bagus dibandingkan dengan kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari rata-rata N gain. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci : Metode pembelajaran kolaboasi Scramble dengan Think Pair And Share, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:09
Last Modified: 06 Jun 2017 04:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item