PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI MAN CILEDUG

MUHAMMAD DZULHIKAM, (2012) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X SEMESTER II PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI MAN CILEDUG. Bachelor thesis, IAIN syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127360016_MUHAMMAD DZULHIKAM__OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD DZULHIKAM : Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Semester II Pada Pokok Bahasan Ekosistem Di Man Ciledug. Masalah utama dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Dalam arti yang lebih substansial, bahwa proses pembelajaran hingga dewasa ini masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguasaan konsep siswa dan mengetahui perbedaan penguasaan konsep siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran PQ4R dengan kelas yang menerapkan metode ceramah dan mengetahui sikap siswa terhadap metode pembelajaran PQ4R pada pokok bahasan ekosistem kelas X Semester II Di MAN Ciledug. Metode pembelajaran PQ4R digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca, dan dapat membantu proses belajar mengajar di kelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Kegiatan membaca buku bertujuan untuk mempelajari sampai tuntas bab demi bab suatu buku pelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester II di MAN Ciledug Cirebon yang berjumlah 280 siswa dengan sampel 2 kelas yaitu kelas X.1 (kelas Kontrol) dan kelas X.2 (kelas Eksperimen) dimana masing masing kelas berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah test dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat yaitu dengan menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Gain dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dan terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran PQ4R (kelas eksperimen) dengan kelas yang menerapkan metode ceramah (kelas kontrol). Hal ini dilihat berdasarkan hasil nilai rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 37.8 dengan kriteria sedang dibandingkan nilai rata-rata gain kelas kontrol sebesar 23.7 dengan kriteria rendah. Hal ini berdasarkan uji peringkat bertanda Wilcoxon (uji t) dengan nilai Asymtop signifikansi atau Asymp.Sig adalah 0,001. Jika dibandingkan, maka nilainya akan lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05), hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pada sebaran angket kepada siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran PQ4R di kelas X-2 di MAN Ciledug Cirebon pada pokok bahasan ekosistem mendapatkan sikap yang baik, hal ini terlihat dari 45, 7 % siswa menyatakan setuju.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:13
Last Modified: 06 Jun 2017 06:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item