PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIWEDI

IDANISA UZIADAH, (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIWEDI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
danisa U (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Penyampaian materi pelajaran yang diberikan oleh guru salah satu tujuannya adalah agar peserrta didik mampu memahami setiap pelajaran secara menyeluruh. Semua peserta didik harus mampu belajar dengan baik dan memperoleh hasil belajar secara maksimal terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Akan tetapi kenyataannya setiap nilai Ujian Nasional (UN) khususnya pelajaran matematika rata-rata masih rendah. Beberapa guru mengungkapkan bahwa hal ini terjadi karena siswa kurang memahami materi matematika yang bersifat abstrak, siswa kurang memahami secara menyeluruh. Maka dari itu agar peserta didik dapat memahami setiap unit pelajaran yang telah disampaikan oleh guru maka diperlukanlah suatu strategi pembelajaran yang inovatif yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran reciprocal teaching (pembelajaran terbalik). Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Untuk menjelaskan seberapa besar respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran reciprocal teaching pada pemahaman membaca soal cerita siswa kelas VIII SMPN 1 Kaliwedi; (b) Untuk menggambarkan seberapa besar keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel; (c) Untuk membuktikan pengaruh pembelajaran reciprocal teaching pada pemahaman membaca soal cerita terhadap keaktifan belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yang teknik pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Kaliwedi tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan sampel acak klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu diperoleh nilai rata-rata angket strategi reciprocal teaching adalah sebesar 72 % yang termasuk pada kategori kuat dan rata-rata angket keaktifan belajar siswa sebesar 80. Lalu berdasarkan analisis regresi untuk variabel strategi pembelajaran reciprocal teaching (X) dan variabel keaktifan belajar siswa (Y) menunjukkan persamaan:

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:50
Last Modified: 05 Jun 2017 02:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item