KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIK MAHASISWA JURUSAN TADRIS MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

ILA NINING, FADILAH (2015) KEMAMPUAN BERPIKIR STATISTIK MAHASISWA JURUSAN TADRIS MATEMATIKA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ILA.N.F (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Berpikir Statistik Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon Penelitian ini dilakukan karena kurang banyaknya hal yang diketahui dalam menentukan kemampuan berpikir statistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemapauan berpikir statistik mahasiswa, dan menganalisis indikator apa saja yang dominan dalam kemampuan berpikir statistik. Penelitian ini menggunakan teknik quota sampling yaitu mengambil sampel yang berasal dari populasi yang terdiri dari tingkatan semester tanpa menggunakan teknik acak. Sampel penelitian ini terdiri dari empat kelas yang mewakili masing-masing tingkatan semester, masing-masing sampelnya yaitu kelas C matematika semester II, kelas C matematika semester IV, kelas B matematika semester VI, dan kelas A matematika semester VIII. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model pengukuran atau measurenment model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir statistik mahasiswa masih termasuk dalam kriteria rendah, selain itu terdapat tujuh faktor dari 14 indikator yang disediakan yang dapat dijadikan sebagai indikator pengukur dalam kemampuan berpikir statistik, yaitu indikator mendeskripsikan data sampel, indikator memahami konsep probabilitas, indikator menganalisis data distribusi normal, indikator mendeskripsikan penyajian data, indikator memahami pengaruh sampel terhadap interval kepercayaan, indikator menarik kesimpulan dari konfigurasi interval, dan indikator menganalisis bivariate data kuantitatif. Kemudian indikator pengukur yang bernilai positif dalam kemampuan berpikir statistik yaitu indikator mendeskripsikan data sampel, indikator memahami konsep probabilitas, indikator memahami pengaruh sampel terhadap interval kepercayaan, dan indikator menganalisis bivariat data kuantitatif. Sedangkan indikator yang dominan dalam mengukur kemampuan berpikir statistik adalah indikator menganalisis bivariate data kuantitatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:22
Last Modified: 05 Jun 2017 07:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2969

Actions (login required)

View Item View Item