PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON

LAELA NOER, LATIFAH (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII MTs SALAFIYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LELA 2015 MTK (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Matematika Kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon. Sasaran dari penelitian saya berjudul “kecerdasan emosional siswa terhadap motivasi belajar matematika kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon”, kecerdasan emosional merupakan hal yang sangat penting karena dengan kecerdasan emosional siswa mampu mengenali emosi diri sendiri dan orang lain. Jika kecerdasan emosional itu rendah maka siswa tersebut tidak akan termotivasi untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap motivasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah kelas VII MTs Salafiyah Kota Cirebon. Sampelnya menggunakan cara pertimbangan (purposive sampling). Ada 40 siswa untuk sampel dari total populasi 106 siswa. Data didapat dari angket. Dianalisis menggunakan statistika. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan kecerdasan emosional siswa dalam kategori kuat, yaitu dengan tingkat kecerdasan emosional sebesar 64.03%, sedangkan motivasi belajar matematika dalam kategori kuat, bisa dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar matematika sebesar 67.60%. Persamaan regresi Ŷ = α + bX = 25,910 + 0,521X dengan nilai koefisien determinasi 13.03%. Dengan demikian maka terdapat pengaruh anatara kecerdasan emosional siswa terhadap motivasi belajar matematika 13.03% ditentukan atau dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan yang 86.93% lainya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:23
Last Modified: 05 Jun 2017 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item