PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANGENAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LINA LAELIA, (2015) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANGENAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LINA LAELIA (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangenan Tahun Pelajaran 2014/2015. Matematika di sekolah bertujuan membentuk pola nalar siswa yang kreatif, logis, dan sistematis. Akan tetapi pada kenyataanya tujuan tersebut belum bisa terlaksana dengan baik. Salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya kemampuan penalaran siswa, karena masih memakai proses pembelajaran yang terfokus pada guru dan siswa jarang memperoleh soal-soal untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Akibatnya, siswa kurang menggunakan nalar yang logis dalam menyelesaikan persoalan matematika sehingga kemampuan penalaran matematis siswa tidak terlatih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran REACT terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertempat di SMP Negeri 1 Pangenan tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan tes dan angket. Penelitian ini mengambil populasi kelas VII, sedangkan sampel yang diambil hanya kelas VII A untuk kelas eksperimen dan kelas VII C untuk kelas uji coba. Berdasarkan pengolahan hasil data penelitian menunjukan bahwa rata-rata prosentasi respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran REACT sebesar 70,35% dengan kategori baik. Rata-rata tes kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 72,85% dengan kategori baik. Hasil uji persyaratan normalitas (Kolmogorov-Smirnov) sebesar 0,200 signifikan 0,05, uji homogenitas (Levene Test) sebesar 0,105 dengan signifikasi 0,05 dan hasil hipotesis dengan menggunakan perhitungan t-test menunjukan bahwa thitung (4,555) > ttabel (1,669) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel X (penerapan strategi pembelajaran REACT ) terhadap variabel Y (peningkatan kemampuan penalaran matematis).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:27
Last Modified: 05 Jun 2017 07:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item