IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN KALKULUS 1 (Di Jurusan Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

MA’SUM, (2015) IDENTIFIKASI KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN KALKULUS 1 (Di Jurusan Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MAKSUM (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus 1 di Jurusan Tadris Matematika Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan mahasiswa pada mata kuliah kalkulus I, 2) mengetahui jenis kesalahan apa yang paling dominan terjadi, dan 2) mengetahui penyebab kesalahan mahasiswa pada menyelesaiakan soal uraian Kalkulus 1. Peneleitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang telah mengikuti mata kuliah Kalkulus 1. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik quota. Terpilih sepuluh dari mahasiswa semester empat samapai mahasiswa semester delapan. Instrumen peneltian yang digunakan: 1) tes soal uraian kalkulus 1, dan 2) wawancara dengan mahasiswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian bahwa bentuk-bentuk kesalahan yang terjadi dalam peneletian ini adalah 1) Tidak ada penyelesaian sebesar 24%, 2) Kesalahan dalam operasi aljabar sebesar 32,3%, 3) Kesalahan operasi bilangan desimal berulang sebesar 20%, 4) Kesalahan penentuan himpunan penyelesaian sebesar 38%, 5) Kesalahan penyelesaian tidak sampai pada tujuan soal 16,7%, 6) Kesalahan menentukan titik potong sumbu y sebesar 30%. Adapun jenis kesalahan yang terjadi adalah 1) kesalahan Pemahaman Bahasa dalam Matematika sebesar 9,8%,2) kesalahan kecerobohan sebesar sebesar9,8%, 3) kesalahan keterampilan proses sebesar 48,8%, 4) Asosiasi yang salah sebesar 4,9%, 5) Kesalahan Visual Pengetahuan Matematika sebesar 2,4%, 6) Kesalahan notasi sebesar 17,1%, 7) Kesalahan transformasi sebesar7,3%. Sedangkan penyebab kesalahan terjadi adalah 1) lemahnya penguasaan pada suatu konsep, 2) lemahnya pada suatu operasi, 3) kurang teliti dalam melakukan penyelesaian, 4) kurang memahai soal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:21
Last Modified: 05 Jun 2017 07:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item