PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA CIREBON SKRIPSI

MEYLINDA ANGGREANI, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA CIREBON SKRIPSI. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Meylinda (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Cirebon. Suasana yang menyenangkan dalam proses belajar mengajar di kelas menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh seorang guru, selain membangun suasana yang menyenangkan dan komunikasi yang baik yang harus lebih dipehatikan juga adalah metode mengajar yang tepat untuk digunakan saat proses belajar mengajar. Metode yang dapat mendorong kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan teman sebayanya, menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam belajar, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, metode yang dimaksud adalah metode diskusi kelompok. Terdapat masalah jika seorang guru matematika sudah melakukan pembelajaran aktif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tetapi kemampuan berpikir kritis siwa masih belum merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode diskusi kelompok terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan kelas eksperimen menggunakan metode diskusi kelompok kecil dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan desain penelitian adalah Postest-Only Control Design. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VII SMPN 5 Kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket untuk mengukur respon siswa terhadap metode diskusi kelompok dengan indikator berdasarkan tahapan dari metode diskusi kelompok dan tes uraian sebanyak 10 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data untuk mengukur respon siswa terhadap strategi pembelajaran menggunakan product moment diperoleh 0,46 yang tergolong sedang, selanjutnya uji koefesien korelasi diperoleh thitung sebesar 2,97 dan ttabel sebesar 2,03, karena nilai thitung > ttabel (2,97 > 2,03), maka koefesien korelasi diterima dan signifikan. Teknik analisis data tes untuk mengetahui perbedaan pemahaman matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan Uji T-Test for related, diperoleh t hitung = 5,98 dan t tabel = 1,99, karena t hitung > t tabel (5,98 > 1,99), maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:25
Last Modified: 05 Jun 2017 07:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item