PENGARUH KECERDASAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL CERITA BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 DUKUPUNTANG KAB. CIREBON

MIMIN MINATUL MAULA, (2015) PENGARUH KECERDASAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL CERITA BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 DUKUPUNTANG KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
Mimin Minatul Maula (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KECERDASAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOALSOAL CERITA BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPN 1 DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON Pembelajaran matematika dikatakan berhasil apabila siswa paham dan mampu mendapatkan ilmu pengetahuan yang diinginkannya. Sedangkan masih banyak siswa yang kurang paham dengan kecerdasan. Adanya konseptualisasi kecerdasan spasial yang baik merupakan aset untuk memahami konsep-konsep matematika terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spasial terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Dukupuntang Kab. Cirebon. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A SMPN 1 Dukupuntang Kab. Cirebon yang berjumlah 39 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kecerdasan spasial dan kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita bangun ruang sisi datar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung > t tabel sebesar 6,423 > 2,021 yang berarti Ho ditolak , Ha diterima dengan besar signifikansi 0,000 dan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan spasial terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMPN 1 Dukupuntang Kab. Cirebon. Pengaruh kecerdasan spasial berpengaruh sebesar 73,7% terhadap kemampuan siswa menyeesaikan soal-soal cerita bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:27
Last Modified: 05 Jun 2017 07:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item