PERBANDINGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

MINAH YASMINA, (2015) PERBANDINGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
MINAH YASMINA (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perbandingan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Dalam dunia pendidikan, pemerintah selalu mengupayakan peningkatan mutu pendidikan untuk menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk perbaikan mutu pendidikan, diantaranya memperbaiki kualitas guru dalam mengajar. Dalam mengajar sebaiknya guru menyajikan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak merasa tertekan. Sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Motivasi merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Sehingga perlu dijaga agar tetap positif. Model pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru agar menjadikan suasana kelas yang menyenangkan adalah model pembelajaran kooperatif. Terdapat beberapa tipe model pembelajaran kooperatif diantaranya Teams Games Tournament (TGT) dan Numbered Heads Together (NHT). TGT adalah pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa pada kelompok heterogen dan di dalamnya terdapat permeinan dan turnamen siswa. Sedangkan NHT adalah pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Dari kedua tipe model pembelajaran kooperatif tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menggambarkan hasil belajar matematika siswa diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT, 2) menggambarkan hasil belajar matematika Guru asiswa yang diterapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan 3) menguji hipotesis tentang perbedaan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan kelompok kontrol tidak sepadan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Cilimus Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 335 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, terpilih dua kelas sampel yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen I diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen II diterapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian adalah menggunakan tes hasil belajar aspek kognitif pada materi pokok Segitiga. Berdasarkan pengolahan data, rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I 0,48 dan kelas eksperimen II 0,41. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dan eksperimen II. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menerapakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:27
Last Modified: 05 Jun 2017 07:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item