PENGARUH PENERAPAN METODE MEMBACA SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP N 8 KOTA CIREBON

MUFADOL, (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE MEMBACA SQ3R TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B SMP N 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
MUFADOL 2015 (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penerapan Metode Membaca SQ3R terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 8 Kota Cirebon. Kegiatan pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila tujuan pembelajaran yang dirumuskan dapat tercapai.kurangnya persiapan siswa, kurangnya perhatian siswa dan siswa kurang memiliki semangat dalam belajar karena proses pembelajaran yang monoton merupakan masalah yang di temui di kelas. Salah satu metode pembelajaran yang dapat memberikan peran aktif pada siswa adalah metode membaca SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan metode membaca SQ3R dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP N 8 Kota Cirebon pada pokok bahasan lingkaran serta untuk mengetahui pengaruh penerapan metode membaca SQ3R terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang bersifat korelatif dengan pendekatan eksperimental dan desain one-shot-case study. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP N 8 Kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket untuk mengukur respon siswa terhadap metode membaca SQ3R dengan indikator berdasarkan tahapan dari metode membaca SQ3R dan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk mengukur hasil belajar siswa.Teknik analisis data untuk mengukur respon siswa terhadap metode membaca SQ3R menggunakan product moment diperoleh 0,59 yang tergolong cukup, selanjutnya estimasi koefisien determinasi sebesar 59 % di pengaruhi oleh metode membaca SQ3R dan 41 % di pengaruhi oleh faktor lain, uji koefesien korelasi diperoleh thitung sebesar 3,72 dan ttabel sebesar 2,76, karena nilai thitung> ttabel (3,72 > 2,76), maka koefesien korelasi diterima dan signifikan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:27
Last Modified: 05 Jun 2017 07:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item