IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERINTEGRASI KEISLAMAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA

NANI FITRIAH, (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERINTEGRASI KEISLAMAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
NANI FITRIAH (WM BLM).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Matematika Berintegrasi Keislaman Dalam Meningkatkan Karakter Demokratis Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas VIII MTs NU Putri 3). Matematika tidak hanya dipandang sebagai ilmu yang mementingkan kemampuan kognitif, namun juga pembentukan karakter dan perilaku terpuji, sedangkan dalam pembelajaran matematika pada umumnya, guru hanya mementingkan kemampuan kognitif dan tidak memperhatikan karakter siswa sehingga terlihat rendahnya karakter siswa, salah satuya adalah karakter demokratis. Rendahnya karakter demokratis siswa terlihat dari siswa yang tidak mau bertanya dalam memahami materi. Oleh sebab itu, diperlukan upaya peningkatan karakter demokratis siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajran matematika berintegrasi keIslaman dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakter demokratis siswa dalam pembelajaran matematika diintegrasikan keIslaman. 2) untuk mengetahui karakter demokratis siswa dalam pembelajaran matematika tanpa diintegrasikan keIslaman. 3) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran matematika berintegrasi keIslaman dapat menjadikan karakter demokratis siswa lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah karakter demokratis siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan garis singgung lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimental. Teknik pengumpulan datanya menggunakan skala sikap, lembar observasi dan wawancara. Populasi tersedia dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 213 siswa.Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling, yakni dengan melakukan pemilihan cluster/rombongan belajaran melalui undian sehingga didapat 2 kelas yaitu kelas VIII D (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol). Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensia. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) karakter demokratis siswa kelas eksperimen yakni pembelajaran matematika yang diintegrasikan dengan keIslaman, dominan dalam kategori baik ditunjukkan oleh angka prosentase sebesar 83% ; 2) karakter demokratis siswa kelas kontrol yakni pembelajaran matematika tanpa diintegrasikan dengan keIslaman, dominan dalam kategori baik, ditunjukkan oleh angka prosentase sebesar 68%; 3) secara deskriptif, karakter demokratis pada kelas eksperimen cenderung lebih tinggi dari pada kelas kontrol, namun demikian, hasil uji hipotesis tidak signifikan karena didapat nilai signifikansi 0,06. Ini artinya tidak ada perbedaan karakter demokratis siswa antara penerapan model pembelajaran matematika berintegrasi keIslaman dan penerapan pembelajaran konvensional, pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:28
Last Modified: 05 Jun 2017 07:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item