PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 16 KOTA CIREBON

NITA LISTIANI, (2015) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 16 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
NITA LISTIANI 14111510049 (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

“PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI 16 KOTA CIREBON. Skripsi. Cirebon : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Tadris Matematika, IAIN Syekh Nurjati Cirebon”. Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar matematika diantaranya kesiapan belajar dan kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan kecerdasan spiritual siswa terhadap motivasi belajar matematika. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi jangkauan penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Negeri 16 Kota Cirebon, sedangkan populasi targetnya adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 16 Kota Cirebon tahun ajaran 2014-2015. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII F sebanyak 32 siswa. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini semuanya menggunakan angket untuk data kesiapan belajar, kecerdasan spiritual, dan motivasi belajar matematika. Setelah pengolahan data, dilakukan uji hipotesis dengan menganalisis data secara deskriptif kemudian dilakukan pengujian statistik dengan menggunakan uji regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dari uji hipotesis yang diperoleh adalah Fhitung = 11,287 > 3,33 = Ftabel , dan nilai signifikan (sig) yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dan kecerdasan spiritual siswa terhadap motivasi belajar matematika. Besarnya pengaruh yang diberikan dari kesiapan belajar dan kecerdasan spiritual siswa terhadap motivasi belajar matematika dengan koefisien determinasi sebesar 0,438 atau 43,8% sedangkan sisanya sebesar 56,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:28
Last Modified: 05 Jun 2017 07:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item