PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

NURLIDAH, (2015) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
NURLIDAH 14111520090 (WM BLM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Pendekatan Problem Posing terhadap Kemampuan Penalaran Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Khususnya dalam bidang studi maematika, saat ini guru masih banyak yang menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa cenderung pasif ketika belajar didalam kelas. Oleh karena itu, melalui penerapan pendekatan pembelajaran problem posing diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa didalam kelas pada materi pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 338 orang. Sampel penelitian dipilih dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII-I yang diterapkan pendekatan problem posing dan VIII-F yang diterapkan pendekatan ekspositori sebagai sempelnya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan penulis yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, uji kelinieran regresi, uji hipotesis berupa uji-t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, bahwa hasil penelitian menunjukkan nilai rata – rata keaktifan belajar matematika siswa yang diterapkan pendekatan problem posing sebesar 72% hasil ini termasuk kedalam kategori sangat aktif/sangat baik. Hasil pengujian regresi linier terdapat hubungan linear antara pendekatan problem posing dengan kemampuan penalaran matematika dalam pembelajaran matematika yaitu diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai signifikansinya kurang dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya bahwa antara pendekatan problem posing dan kemampuan penalaran matematika dalam pembelajaran matematika terdapat hubungan yang linear. Berdasarkan uji hipotesis hasil penelitian dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% = 0,05 dengan menunjukan nilai thitung sebesar 10,999 serta signifikansi 0,000 lebih besar dari harga ttabel 1,060 , maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Jun 2017 01:08
Last Modified: 12 Jun 2017 01:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item