PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 3 KOTA CIREBON

PANJI SUDARNO JAFAR, (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 3 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
PANJI SUDARNO JAFAR (14111520091) 2015 (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Matematika Knisey Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Kota Cirebon” Pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan oleh guru (pendidik) agar terjadi proses belajar pada diri siswa. Pembelajaran itu sendiri diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan-kemampuan yang lebih bermanfaat untuk mengatasi masalah yang diperkirakan akan dihadapi siswa di masa depan. Salah satu kemampuan yang diharapkan dapat diperoleh siswa sebagai hasil belajar ialah kemampuan koneksi matematika. Belum maksimalnya kemampuan koneksi matematika siswa saat ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari pendidik atau guru maupun yang berasal dari siswa. Faktor guru diantaranya adalah karena guru tidak menguasai metode atau strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Seorang pendidik atau guru harus dapat memilih model pebelajaran yang dapat melibatkan siswa belajar dengan aktif, kreatif, dan senang belajar matematika. Model pembelajaran matematika Knisley adalah model pembelajaran matematika yang dikembangkan atas teori gaya belajar Kolb yang ditafsirkan menjadi empat tahapan belajar matematika, yaitu: tahap konkret-reflektif, konkret-aktif, abstrak-reflektif dan abstrak-aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran matematika knisley di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon. Selain itu untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kota Cirebon dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap kemampuan koneksi matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 206 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster rendom sampling. Dan terpilih kelas VIII B sebagai kelas uji coba dan VIII A sebagai kelas eksperimen yang menjadi sasaran penelitian dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengumpulan data untuk kedua variabel tersebut ialah dengan penyebaran angket dan tes terhadap sasaran penelitian. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis uji regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis statistik. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata penerapan model pembelajaran matematika Knisley adalah 82% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil dari uji hipotesis statistik diketahui bahwa Fhitung =0,822 , Ftabel=0,367 , yang artinya Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan persamaan regresinya yaitu

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:28
Last Modified: 05 Jun 2017 07:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item