PENGARUH METODE IMPROVE BERBANTUAN KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMA N 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON (Studi Eksperimen di Kelas X SMA N 1 Susukan Kabupaten Cirebon)

DITA PARADISA MAJID, (2015) PENGARUH METODE IMPROVE BERBANTUAN KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMA N 1 SUSUKAN KABUPATEN CIREBON (Studi Eksperimen di Kelas X SMA N 1 Susukan Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
PARADISA MAJID 2015 MTK (WM BLM).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Metode Improve Berbantuan Komputer Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Materi Statistika Di SMA N 1 Susukan Kabupaten Cirebon Setiap siswa memiliki potensi komunikasi matematika. Namun mereka merasakan sulit karena kurangnya komunikasi matematika dalam proses pembelajaran. Penggunaan media komputer diperlukan untuk pembelajaran serta penggunaan metode belajar sebagai pelengkap. Seperti pengunaan metode improve merupakan metode pembelajaran yang didalamnya berisi “Introducing the new concepts, Metacognitive questioning, Practicing, Reviewing andreducing difficulties, Obtaining mastery, Verification, and Enrichment”. Oleh karena itu metode improve berbantuan komputer perlu digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji respon siswa terrhadap penggunaan metode improve berbantuan komputer pada pembelajaran matematika, mengkaji kemampuan komunikasi matematika siswa, mengkaji seberapa besar pengaruh positif pembelajaran menggunakan metode improve berbantuan komputer pada pembelajaran matematika terhadap kemapuan komunikasi matematika siswa kelas X di SMA N 1 Susukan Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Susukan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas X MS 2 sebanyak 35 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket respon siswa dan tes kemampuan komunikasi matematika. Dari hasil analisis data menunjukkan siswa merespon positif pembelajaran matematika menggunakan metode improve berbantuan komputer dengan prosentase 57%. Kemampuan komunikasi matematika siswa mendapatkan rata-rata N-Gain sebnayak 0,32. Hasil uji hipotesis menyatakan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item