ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KOMPETENSI SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN INTERNET DAN TANPA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN RUANG DIMENSI 3 (Studi Eksperimen di MA Al-Ishlah Bobos Dukupuntang Cirebon)

SARIP HIDAYAT, (2015) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KOMPETENSI SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN INTERNET DAN TANPA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN RUANG DIMENSI 3 (Studi Eksperimen di MA Al-Ishlah Bobos Dukupuntang Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
SARIP HIDAYAT (WM BLM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Analisis Perbandingan Tingkat Kompetensi Siswa antara yang Menggunakan Internet dan Tanpa Internet dalam Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Ruang Dimensi 3 Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk membuktikan apakah peningkatan tingkat kompetensi dan respon belajar siswa yang diajarkan melalui penggunaan internet dalam pembelajaran berbasis CTL lebih tinggi dari pada peningkatan tingkat kompetensi dan respon belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis CTL tanpa internet pada pokok bahasan ruang dimensi 3. Populasi yang diperoleh adalah seluruh kelas X MA Al-Ishlah Bobos tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 60 siswa. Menggunakan tekhnik non probability sampling diperoleh 2 kelas menjadi sampel penelitian yaitu kelas eksperimen (X-B) dan kelas kontrol (X-A). Berdasarkan data yang diperoleh, nilai rata-rata tingkat kompetensi siswa kelas eksperimen adalah sebesar 0,52, nilai tersebut lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pada kelas kontrol yang hanya sebesar 0,35. Peningkatan kompetensi siswa kelas eksperimen adalah sebesar 52% sedangkan kelas kontrol sebesar 35% dengan selisih kanaikkan sebesar 17%. Kedua kelas diuji beda dengan uji independen t-test diperoleh nilai signifikan kompetensi siswa sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai signifikansi respon siswa sebesar 0,000 < 0,05, berarti peningkatan tingkat kompetensi dan respon belajar siswa yang diajarkan melalui penggunaan internet dalam pembelajaran berbasis CTL lebih tinggi dari pada peningkatan tingkat kompetensi dan respon belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis CTL tanpa internet pada pokok bahasan ruang dimensi 3.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item