PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE ARTICULATION (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun)

UKHA MAFTUKHAH, (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE ARTICULATION (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
Ukha (WM BLM).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematika antara Siswa yang Menggunakan Metode Cooperative Script dengan Siswa yang Menggunakan Metode Cooperative Articulation (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun) Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode cooperative script, 2) mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode cooperative articulation, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan metode cooperative script dengan siswa yang menggunakan metode cooperative articulation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Arjawinangun. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen 1 yang diterapkan metode cooperative script dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen 2 yang diterapkan metode cooperative articulation. Instrumen yang digunakan yaitu tes, untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang diterapkan metode cooperative script dan metode cooperative articulation. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penellitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan metode cooperative script dengan siswa yang menggunakan metode cooperative articulation. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai posttest kelompok eksperimen 1 dan nilai posttest kelompokeksperimen 2 yaitu kelompok eksperimen 1 mendapatkan nilai terendah 51, nilai tertinggi 91, dan rata-rata 71, sedangkan kelompok eksperimen 2 mendapatkan nilai terendah 53, nilai tertinggi 93, dan rata-rata 76. Sehingga dihasilkan kemampuan komunikasi matematika kelompok eksperimen 2 (yang diterapkan metode cooperative articulation) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok eksperimen 1 (yang diterapkan metode cooperative script) (71<76). Pernyataan tersebut diperkuat dengan perolehan hasil uji hipotesis yaitu nilai signifikansinya kurang dari 0.05, yang berarti terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan metode cooperative script dengan siswa yang menggunakan metode cooperative articulation.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item