PENGARUH PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAKAN MASALAH MATEMATIKA DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MA KHAS KEMPEK PALIMANAN PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA.

VINTA FITRIYANA, (2015) PENGARUH PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAKAN MASALAH MATEMATIKA DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MA KHAS KEMPEK PALIMANAN PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
Vinta Fitriyana, 14111521310) (WM BLM).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGERUH PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHAKAN MASALAH MATEMATIKA DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MA KHAS KEMPEK PALIMANAN PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA. Pada saat proses belajar berlangsung, pembelajaran matematika saat ini belum maksimal atau belum mencapai target yang baik atau memuaskan. Hal itu terjadi dikarenakan metode atau cara mengajar yang belum tepat yang diterapkan oleh guru matematika di kelas, saat menyampaikan materi siswa kurang aktif mungkin cara penyampaiannya yang tidak efektif dan kreatif sehingga membuat proses belajar mengajar di sekolah menjadi monoton atau membosankan karena itu siswa jadi tidak terlalu antusis dalam belajar matematika. Kemampuan memecahkan masalah matematika siswa dan disposisi matematika merupakan syarat penting untuk mencapai pembelajaran matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran investigsi. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen, jumlah populasi seluruh siswa kelas X MA Khas Kempek Palimanan Cirebon, sampel dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, kelas yang dipilih adalah kelas X.6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 41 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, respon siswa terhadap model pembelajaran investigasi dari indikator sebesar 78.2 % dengan kategori kuat. Pengaruh langsung model pembelajaran investigasi terhadap kemempuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 1.000. Pengaruh langsung kemempuan memecahkan masalah matematika terhadap disposisi matematika sebesar 0,399. Pengaruh langsung model pembelajaran investigasi terhadap disposisi matematika sebesar - 0,040. Pengaruh tidak langsung model pembelajaran investigasi terhadap kemampuan memecahakan maslah matematika sebesar 0,911. model pembelajaran investigasi dan kemampuan memecahakan maslah matematika terhadap disposisi matematika sebesar 0,282, pengaruh residu yang mempengaruhi disposisi matematika sebesar 0,981. Besarnya hubungan dari ketiga variabel adalah = 1,000, = 0,399, = - 0,404 diinterpretasikan diantara variabel X, Y1 dan Y2 mempunyai hubungan sangat kuat dan searah. Apabila salah satu variabel meningkat, maka akan meningkatkan variabel lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2017 07:29
Last Modified: 05 Jun 2017 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item