PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK DEPOSITO DI BAITUL MAL WAT-TAMWIL (BMT) (Studi Kasus Pada BMT Al-Falah Kabupaten Cirebon)

Galih Saefullah, (2012) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK DEPOSITO DI BAITUL MAL WAT-TAMWIL (BMT) (Studi Kasus Pada BMT Al-Falah Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
GALIH SAEFULLAH_58320184__OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Galih Saefullah : PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK DEPOSTIO DI Baitul Mal Wat-Tamwil (BMT) (Studi kasus Pada BMT Al-Falah Kabupaten Cirebon) Biatul Mal Wat-Tamwil merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang sejak membumingnya pada tahun 1992 dengan berdirinya BMT pertama di Indonesi yang bernama BMT Insan Kamil yang berada di Jakarta, telah meyakinkan pertumbuhan keungan mikro. Andilnya dalam membantu para pengusaha kecil menengah tidak diragukan lagi, begitu juga di Cirebon yang mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah pedagang baik kecil atau besar ternyata tidak terlepas dari perkembangan lembaga keungan mikro ini. Namun masih di sayangkan bahwa di Cirebon ternyata minat para investor untuk andil menjadi nasabah di BMT masih kecil, mereka ternyata lebih senang di bank yang sudah terjamin dari segi keamanan serta perolehan keuntungannya. Para investor pun tidak tertarik terhadap produk deposito yang ada di BMT, mereka lebih tertarik untuk mendepositokan uangnya di bank yang jelas-jelas penggunaannya sangat minim untuk membantu para pengusaha kecil menengah tidak seperti BMT. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan produk deposito di BMT Al-Falah Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah responden 36 pegawai BMT Al-Falah. Data primer yang dikaji dengan menggunakan hipotesis dengan tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi, dan uji korelasi serta teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Dari hasil uji hipotesis, diketahui besarnya pengaruh elemen bauran pemasaran (4’P) terhadap volume penjualan secara simultan sebesar 15,418. Sedangkan secara parsial besarnya pengaruh produk terhadap volume penjualan sebesar 6,451, besarnya pengaruh harga teradap volume penjualan sebesar -6,892, besarnya pengaruh tempat terhadap volume penjualan sebesar 1,730 dan pengaruh promosi terhadap volume penjualan sebesar 32,381. Hasil ini menginformasikan bahwa dari keempat elemen bauran pemasaran yang di uji dalam penelitian ini, disimpulakan bahwa produk tidak berpengaruh terhadap volume penjualan bahkan pengaruhnya bersifat negatif, begitu pula harga tidak berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, sedang harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, dan begitu pula promosi ternyata berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Kata Kunci: Bauran Pemasaran (produk, harga, tempat, promosi), Volume penjualan, dan Produk Deposito.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:26
Last Modified: 06 Jun 2017 04:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item